Pengaruh Work-Life Balance dan stres kerja terhadap kepuasan kerja: Studi pada pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Barat

Anzaeni, Vina (2019) Pengaruh Work-Life Balance dan stres kerja terhadap kepuasan kerja: Studi pada pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh potensi yang harus dimiliki oleh setiap pegawai untuk melaksanakan setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan instansi pemerintah kepada setiap pegawai. Setiap pegawai mengharapkan pekerjaan yang dilakukan mampu memenuhi kebutuhannya dan apabila terpenuhi akan menimbulkan perasaan puas, faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja pada setiap pegawai salah satunya terpenuhinya work-life balance seseorang dan terminimalisirnya stres kerja, terkecuali stress kerja yang dapat mendorong seseorang untuk mencapai kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel independen yang diteliti work-life balance dan stres kerja berpengaruh terhadap variabel dependen kepuasan kerja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk work-life balance menggunakan teori (Greenhaus et al), stres kerja menggunakan teori (Eva H Saragih, Robbins dan Judge, Giffin dan Moorhead), sedangkan untuk kepuasan kerja menggunakan teori (Luthans). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Skala yang digunakan didesain berdasarkan skala model interval yang berisi jumlah pertanyaan-pertanyaan yang menyatakan objek yang hendak diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa Barat dengan jumlah 60 orang sebagai sampel, pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Alat yang digunakan untuk melakukan analisis data adalah program SPSS versi 25 yaitu software statistik yang sering digunakan dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh work-life balance dan stres kerja terhadap kepuasan kerja pada pegawai Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Provinsi Jawa Barat sebesar 17,2% sedangkan sisanya 82,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan (Uji F), maka didapatkan hasil yaitu secara simultan variabel work-life balance dan stres kerja berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dengan hasil Fhitung 5,935 > Ftabel ¬3,16 dan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Secara parsial (Uji T) variabel work-life balance terhadap kepuasan kerja tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan dengan dengan hasil thitung 1,313 < ttabel 2,002 dengan signifikan 0,194 > 0,05, dan variabel stres kerja berpengaruh positif dan signifikan dengan hasil thitung 2,938 > ttabel 2,002 dengan signifikan 0,005 > 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Work-Life Balance; Stres Kerja; Kepuasan Kerja;
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: vina anzaeni
Date Deposited: 01 Nov 2019 06:44
Last Modified: 01 Nov 2019 06:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26640

Actions (login required)

View Item View Item