Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Problem-Based Learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1 SMAN 1 Soreang materi Toleransi, Rukun dan menghindarkan diri dari kekerasan

Syafari, Ari Muhammad (2019) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Problem-Based Learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian quasi experiment pada siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1 SMAN 1 Soreang materi Toleransi, Rukun dan menghindarkan diri dari kekerasan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Kelas XI IPA 1 dan XI IPS 1 SMAN 1 Soreang, cara mengajar guru masih menggunakan model pembelajaran yang biasa, yang lebih cenderung bersifat berpusat pada guru seperti metode ceramah dimana siswa lebih banyak diam untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran agar memperoleh hasil belajar yang baik, diantaranya ialah model kooperatif learning tipe Group Investigation dan Problem-Based Learning, yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi: 1) hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada Kelas XI IPA 1, 2) hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Problem-Based Learning pada Kelas XI IPS 1, dan 3) perbandingan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan Problem-Based Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Toleransi, Rukun, dan Menghindarkan Diri dari Tindak Kekerasan di Kelas XI IPA 1 dan IPS 1 SMAN 1 Soreang Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan Problem-Based Learning diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena model Group Investigation memiliki kelebihan memungkinkan menginvestigasi pemecahan masalah dalam belajar menurut kehendaknya sendiri. Sedangkan model Problem-Based Learning memiliki kelebihan meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, dan memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain, pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, test tulis multiple choice dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif menggunakan pendekatan statistik. Subjek-subjek peneliti yang digunakan adalah siswa Kelas XI IPA 1 Model Group Investigation 30 siswa dan XI IPS 1 Model Problem-Based Learning 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation pada Kelas XI IPA 1 terlaksana dengan presentasi 100% (kriteria sangat baik) serta memperoleh nilai rata-rata hasil belajar pretest 73.13, posttest 79.96 dan N-gain 0.22. 2). hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe Problem-Based Learning pada Kelas XI IPS 1 terlaksana presentasi yaitu 94% (kriteria sangat baik) serta memperoleh nilai rata-rata hasil belajar pretest 49.70, posttest 77.90 dan N-gain 0.59. 3). Perbandingan hasil belajar antara kedua model tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan, dengan nilai N-gain 0,22 (kriteria rendah) untuk XI IPA 1 dan nilai N-gain 0,59 (kriteria sedang) untuk XI IPS. Sehingga Kelas XI IPS 1 itu lebih besar peningkatan hasil belajarnya dibanding Kelas XI IPA 1 dengan selisih N-Gain 0.37.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar;Group Investigation;Problem-Based Learning
Subjects: Education, Research of Arts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Syafari
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:02
Last Modified: 01 Nov 2019 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26653

Actions (login required)

View Item View Item