Muthmainnah, Nurawaliyah (2019) Penerapan model Student Fasilitator and Explaining (SFE) untuk meningkatkan keterampilan komunikasi tulisan siswa pada materi sistem reproduksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (850kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya kemampuan siswa dalam menginterpretasikan soal-soal dalam bentuk membaca gambar, tabel maupun grafik menunjukkan rendahnya keterampilan komunikasi tulisan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatkan keterampilan komunikasi tulisan dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan model SFE pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen menggunakan desain one-group pretest-postest design. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Warungkondang berjumlah 26 siswa. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 93,5% dengan kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 86% dengan kategori baik. Keterampilan komunikasi tulisan siswa menunjukkan peningkatan dengan nilai n-gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model SFE menunjukkan rata-rata nilai sebesar 3,5 dengan kategori tinggi. Peningkatan keterampilan komunikasi tulisan siswa terlihat pada kegiatan diskusi dan tanya jawab dalam kelompok. Fasilitator berperan aktif dalam membantu menciptakan diskusi di kelas. Melalui LKPD membantu siswa berlatih mengerjakan soal-soal komunikasi tulisan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Tulisan; Student Fasilitator and Explaining; Sistem Reproduksi |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | nurawaliyah muthmainnah |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 04:07 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26694 |
Actions (login required)
View Item |