Manajemen pembiayaan sekolah menengah pertama berbasis pesantren: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Putri Kota Bandung

Diniyah, Asti Maslahatud (2019) Manajemen pembiayaan sekolah menengah pertama berbasis pesantren: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Putri Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Manajemen Pembiayaan merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Pendidikan akan berjalan lancar dan bermutu apabila dalam pembiayaan yang ada memadai dan memenuhi segala komponen pendidikan. Bagi sekolah yang berbasis pesantren tentu akan lebih besar dalam pembiayaan, terlebih karena siswa atau santri yang tinggal di asrama. Untuk menunjang dan memenuhi komponen pendidikan tersebut terkhusus untuk siswa dilakukan kerjasama sesama lembaga di yayasan sehingga kaitan ini menyangkut pada pembiayaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:profil Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Putri Kota Bandung, kebijakan pembiayaan Sekolah Menengah Pertama berbasis Pesantren, perencanaan pembiayaan Sekolah Menengah Pertama berbasis Pesantren, pelaksanaan pembiayaan Sekolah Menengah Pertama berbasis Pesantren, pengawasan pembiayaan Sekolah Menengah Pertama berbasis Pesantren, laporan pertanggungjawaban pembiayaan Sekolah Menenangah Pertama berbasis Pesantren. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoritik yang secara garis besar dalam manajemen meliputi tiga hal yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Dalam istilah pembiayaan disebut budgetting, accounting dan auditing atau evaluasi laporan pertanggungjawaban. Bugetting dapat dilakukan melalui analisis kebutuhan dan penganggaran, accounting melalui penerimaan dan pengeluaran, auditing melalui proses pengawasan dan laporan pertanggungjawaban. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama adalah Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha sekaligus Bendahara Sekolah sebagai key informant yang dilanjutkan dengan snowball process. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menyalin dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran data. Uji absah data dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, pengecekan data. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil simpulan bahwa Manajemen Pembiayaan Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Putri Kota Bandung terdapat mekanisme sebagaimana Standar Operasinal Prosedur yang telah ditetapkan. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai laporan pertanggungjawaban pembiayaan dimulai dari tingkat unit atau sekolah oleh kepala sekolah dan kepala tata usaha sekaligus bendahara sekolah, kemudian ke tingkat lembaga pendidikan atau direktorat pendidikan oleh direktur pendidikan dan sampai pada tahap untuk disetujui yayasan oleh ketua yayasan. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi segala kebutuhan operasional sekolah dan asrama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembiayaan; Sekolah berbasis Pesantren
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Asti Maslahatud Diniyah
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:31
Last Modified: 08 Nov 2019 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26700

Actions (login required)

View Item View Item