Penerapan model Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (albici) untuk Conceptual Change peserta didik pada materi momentum impuls

Kartini, Titin (2019) Penerapan model Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (albici) untuk Conceptual Change peserta didik pada materi momentum impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan konseptual merupakan hal yang penting dalam usaha mengubah pemahaman peserta didik menjadi lebih baik, sehingga dapat meminimalisir terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, perbedaan perubahan konseptual antara peserta didik yang belajar dengan model Active Learning Based Interactive Conceptual Instruction (ALBICI) dan Dual Situated Learning Model (DSLM) pada materi momentum dan impuls. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Bina Muda Cicalengka, sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA D sebagai kelas eksperimen dan X IPA G sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Lembar Observasi (LO), Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) dan instrumen four tier test. Teknik analisis yang digunakan yaitu perhitungan persentase LO, presentase skor LKPD, perubahan konseptual, N-Gain dan uji t independen samples test. Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen (ALBICI) untuk aktivitas guru 84% dan peserta didik 80% dengan kategori baik, sedangkan kelas kontol (DSLM) untuk aktivitas guru 81% dan aktivitas peserta didik 77% dengan kategori baik. Hasil analisis perubahan konseptual untuk kelas eksperimen yang masuk dalam kategori acceptable change adalah sebanyak (74 %) dan kelas kontrol sebanyak 71 %. Rata-rata N-Gain terdapat peningkatan yaitu pada kelas eksperimen 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,69 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh t_hitung=2,032 > t_tabel=1,998, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perubahan konseptual peserta didik antara peserta didik yang belajar dengan model ALBICI dan DSLM pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model ALBICI; Model DSLM; Perubahan Konseptual; Momentum dan Impuls
Subjects: Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Titin Kartini
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:34
Last Modified: 07 Nov 2019 03:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26713

Actions (login required)

View Item View Item