Imtihana, Rena (2019) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Regulated Learning melalui Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) berbasis Sparkol VideoScribe: (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Cileunyi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning siswa adalah menggunakan model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) berbasis Sparkol VideoScribe. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model PISK dan konvensional, (2) Perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model PISK dan konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) kategori tinggi, sedang, rendah (3) Peningkatan sikap Self Regulated Learning pada siswa yang menggunakan model PISK. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel kelas VII-F menggunakan model PISK dan kelas VII-G menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis, tes PAM dan lembar skala sikap. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang menggunakan model PISK dengan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang menggunakan model PISK dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM kategori tinggi, sedang dan rendah, (3) Terdapat peningkatan sikap Self Regulated Learning pada siswa yang menggunakan model PISK, (4) Kesulitan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara memberikan permasalahan nonrutin dengan tipe yang sama.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif; Sparkol VideoScribe;Kemampuan Komunikasi Matematis; Self Regulated Learning |
Subjects: | Education Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rena Imtihana |
Date Deposited: | 04 Nov 2019 08:44 |
Last Modified: | 04 Nov 2019 08:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26714 |
Actions (login required)
View Item |