Pengaruh Net Working Capital (NWC) Dan Working Capital Turnover (WCTO) Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (Jii) Studi Di Pt. Indofood Sukses Makmur, Tbk Periode 2008 – 2018

Karimah, Ghoniyah Aulia (2019) Pengaruh Net Working Capital (NWC) Dan Working Capital Turnover (WCTO) Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (Jii) Studi Di Pt. Indofood Sukses Makmur, Tbk Periode 2008 – 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Net Working Capital (NWC) merupakan aktiva lancar harus lebih besar daripada utang lancar yang dimaksudkan sebagai jaminan kemampuan perusahaan untuk membayar kebutuhan-kebutuhan jangka pendek. Working Capital Turnover (WCTO) merupakan rasio keuangan yang menunjukan kemampuan penjualan perusahaan untuk memperoleh modal kerja dalam suatu periode. Return On Equity (ROE) merupakan salah satu rasio profitabilitas yang mengukur laba dengan modal sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Net Working Capital (NWC) Terhadap Return On Equity (ROE), (2) Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) Terhadap Return On Equity (ROE), (3) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Working Capital Turnover (WCTO) Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index (Studi di PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk Periode 2008-2017). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk Periode 2008-2017 melalui website resminya www.indofoodsuksesmakmur.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kepustakaan, dan browsing. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas dan uji autokorelasi), analisis kuantitatif (analisis regresi linier sederhana dan ganda, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi). Untuk analisis uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f. pengolahan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan secara manual dan menggunakan SPSS for Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil pengujian hipotesis Net Working Capital (NWC) menunjukan hasil sebesar 24,6% yang artinya secara parsial variabel independen Net Working Capital (NWC) tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Return On Equity (ROE), (2) hasil pengujian hipotesis Working Capital Turnover (WCTO)3,5% yang artinya secara parsial variabel independen Working Capital Turnover (WCTO) tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap Return On Equity (ROE), (3) hasil pengujian hipotesis Net Working Capital (NWC) dan Working Capital Turnover (WCTO) terhadap Return On Equity (ROE), menunjukan hasil sebesar 35,5% yang artinya secara simultan variabel independen Net Working Capital (NWC) dan Working Capital Turnover (WCTO) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen Return On Equity (ROE), sedangkan 64,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk Periode 2008-2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital (NWC); Net Sales (NS); Return On Equity (ROE);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Auditing
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: ghoniyah aulia karimah
Date Deposited: 05 Nov 2019 07:16
Last Modified: 05 Nov 2019 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26803

Actions (login required)

View Item View Item