Solihin, Regina Intan Septianty (2019) Kegiatan Ceramah dalam Meningkatkan Prilaku Keagamaan Siswa : Studi Kasus di SD Plus Al-Ghifari Bandung Kelas IV dan V. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (553kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak anak-anak masa sekarang sudah akrab dengan handphone lalu tidak diawasi orangtuanya oleh itu pengaruh buruknya mengetahui apa yang belum seharusnya ketahui pada umurnya,lalu ditemukan sekolah dasar yang mengatur salah satu siswa tidak membawa handphone kedalam kelas, ada program ceramah yang diterapkannya citanya menciptakan prilaku keagamaan siswa. Dalam ceramah terdapat tujuan diakuinya keislaman dengan benar, meningkat prilaku keagamaannya secara pribadi, kepada keluarga sampai sosial kemasyarakatan untuk menghasikan keteraturan hidup dalam aspek akidah, syariat serta akhlak dalam Islam. Prilaku keagamaan ialah hasil yang dihayati oleh individu pada lingkungan yang terlihat dari prilaku yang nampak ekspresi diawali dorongan hati pada jiwa yang muncul karena pengajaran (belajar) dan alami (fitrah manusia) yang menciptakan keteraturan hidup dengan konsekuensi taat berada dijalan yang benar dan bisa mempengaruhi hal positif kepada mahluk. Jenis penelitian metode kualitatif dengan mendeskripsikan yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data diambil delapan siswa dari kelas IV dan V, empat guru terkait di SD Plus Al-Ghifari Bandung, didukung data lapangan, berupa arsip yang berasal dari buku maupun dokumen mengenai program ceramah. Hasil program ceramah ialah hal mengenai islam untuk merealiasasikan saling dakwah, mengingatkan kebaikan kepada semua teman di masjid, dikelas, dan lingkungan sekolah bahkan diluar sekolah juga niat merubah diri lebih baik, ingin oranglain lebih baik keadaannya seperti untuk melaksanakan shalat, tolong menolong, berbakti kepada orangtua dan guru disertai akhlak yang baik. Kesimpulan program ceramah salahsatu rangkaian stimulasi yang berhasil meningkatkan prilaku keagamaan. Dengan dorongan ingin menjadi lebih baik diri dan pihak lain dampaknya cukup berpengaruh. Faktor yang membentuk prilaku keagamaan tidak hanya alami tapi ada faktor eksternal lain. Penulis mengharapkan bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan lebih atau meneliti dengan pandangan berbeda yang akan mendapatkan hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ceramah;prilaku keagamaan;SD Plus Al-Ghifari BAndung; |
Subjects: | Religious Experiences Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Regina Intan Septiany Solihin |
Date Deposited: | 05 Nov 2019 04:10 |
Last Modified: | 05 Nov 2019 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26807 |
Actions (login required)
View Item |