Perhatian orang tua dalam kegiatan belajar hubungannya dengan motivasi belajar siswa kelas IV di MI Padasuka Kabupaten Sumedang

Handayani, Dewi (2019) Perhatian orang tua dalam kegiatan belajar hubungannya dengan motivasi belajar siswa kelas IV di MI Padasuka Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Perhatian orang tua adalah suatu bentuk dukungan yang diberikan orang tua kepada anak untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Berdasarkan observasi awal di MI Padasuka Kabupaten Sumedang terlihat siswa-siswi kelas IV yang kurang termotivasi dalam belajar karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perhatian orang tua dalam kegiatan belajar. Berkaitan dengan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian mengenai hubungan antara perhatian orang tua dalam kegiatan belajar dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perhatian orang tua dalam kegiatan belajar pada siswa kelas IV di MI Padasuka Kabupaten Sumedang, (2) motivasi belajar siswa kelas IV di MI Padasuka Kabupaten Sumedang, (3) hubungan perhatian orang tua dalam kegiatan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas IV di MI Padasuka Kabupaten Sumedang. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa motivasi belajar siswa dapat meningkat karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan adanya perhatian orang tua dalam kegiatan belajar. Sehingga hipotesis yang rumuskan yaitu: semakin tinggi perhatian orang tua dalam kegiatan belajar maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Sebaliknya, semakin rendah perhatian orang tua dalam kegiatan belajar maka semakin rendah pula motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan statistik korelasi product moment. Penyebaran angket ditujukan kepada 44 responden selaku populasi dari kelas IV MI Padasuka. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh untuk variabel X yaitu perhatian orang tua dalam kegiatan belajar berkategori cukup karena menghasilkan rata-rata sebesar 3,02 yang berada pada interval 2,60-3,39 dengan kategori cukup. Hasil yang diperoleh variabel Y yaitu motivasi belajar siswa berkategori cukup karena menghasilkan hasil rata-rata sebesar 2,67 yang berada pada interval 2,60-3,39 dengan kategori cukup. Korelasi yang didapatkan antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,60 angka tersebut termasuk kategori tinggi karena berada pada interval 0,60-0,79. Berdasarkan hasil korelasi tersebut artinya ada keterkaitan yang tinggi atau kuat antara perhatian orang tua dalam kegiatan belajar dengan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua; Kegiatan Belajar; Motivasi Belajar
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewi Handayani
Date Deposited: 06 Nov 2019 02:29
Last Modified: 06 Nov 2019 02:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26850

Actions (login required)

View Item View Item