Afifuddin, Afifudin and Priatna, Tedi (2002) Peranan Guru dalam pemeliharaan iklim kelas dan disiplin belajar. Artikel Ilmiah. pp. 1-18. (In Press)
|
Text (Pola Belajar)
IKLIM KELAS DAN PERANAN GURU.pdf - Submitted Version Download (171kB) | Preview |
Abstract
Tugas guru yang utama adalah mendidik (di samping mengajar). Untuk itu diperlukan iklim kelas yang kondusif sehingga tercipta pola hubungan guru dan peserta didik yang sifatnya khusus dan konsisten. Oleh karena itu guru mesti memenuhi syarat-syarat dan kompetensi khusus yang dijadikan bekal dalam memimpin peserta didik dan membantu mereka ke arah tujuan yang tegas. Guru sekaligus berperan sebagai orang tua dan anggota masyarakat yang pantas diteladani. Selain itu, pengelolaan situasi lingkungan, kondisi siswa, materi peraturan dan tata tertib, serta peran guru merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin dalam belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan guru, Iklim kelas, Disiplin belajar, |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tedi Priatna |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 01:16 |
Last Modified: | 06 Nov 2019 01:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26882 |
Actions (login required)
View Item |