Implementasi Tauhid Ilmu dalam kurikulum Pendidikan Islam

Supardi, Ahmad and Priatna, Tedi (2002) Implementasi Tauhid Ilmu dalam kurikulum Pendidikan Islam. Artikel Ilmiah. pp. 1-8. (In Press)

[img]
Preview
Text (Pola Dasar)
TAUHID ILMU DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM.pdf - Submitted Version

Download (214kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsgd.ac.id

Abstract

Proses pendidikan (Islam) dipahami sebagai interaksi antara komponen yang satu dengan yang lainnya guna mencapai tujuan pendidikan. Salah satu komponen operasional pendidikan adalah materi pendidikan yang sering juga disebut dengan istilah kurikulum, karena kurikulum menunjukkan makna pada materi yang disusun secara sistematis guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kajian ini menyuguhkan pemikiran tentang perlunya implementasi tauhid ilmu sebagai paradigma pengetahuan dalam Islam pada kurikulum pendidikan Islam. Kurikulum pendidikan Islam selain diorientasikan pada perkembangan anak didik, lingkungan sosial, juga diorientasikan pada muatan pengetahuan yang bersumber dari Islam. Ilmu-ilmu Islam yang lahir melalui metodologi studi Islam yang komprehensif dan integral dari paradigma tauhidullah perlu menjadi central pengetahuan (core kurikulum) yang harus dimiliki oleh anak didik dalam proses pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tauhid; Ilmu; Pendidikan Islam; Kurikulum; Integrasi Ilmu
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tedi Priatna
Date Deposited: 06 Nov 2019 01:29
Last Modified: 11 Jan 2024 02:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26887

Actions (login required)

View Item View Item