Supardi, Ahmad and Priatna, Tedi (2002) Implementasi Tauhid Ilmu dalam kurikulum Pendidikan Islam. Artikel Ilmiah. pp. 1-8. (In Press)
|
Text (Pola Dasar)
TAUHID ILMU DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM.pdf - Submitted Version Download (214kB) | Preview |
Abstract
Proses pendidikan (Islam) dipahami sebagai interaksi antara komponen yang satu dengan yang lainnya guna mencapai tujuan pendidikan. Salah satu komponen operasional pendidikan adalah materi pendidikan yang sering juga disebut dengan istilah kurikulum, karena kurikulum menunjukkan makna pada materi yang disusun secara sistematis guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kajian ini menyuguhkan pemikiran tentang perlunya implementasi tauhid ilmu sebagai paradigma pengetahuan dalam Islam pada kurikulum pendidikan Islam. Kurikulum pendidikan Islam selain diorientasikan pada perkembangan anak didik, lingkungan sosial, juga diorientasikan pada muatan pengetahuan yang bersumber dari Islam. Ilmu-ilmu Islam yang lahir melalui metodologi studi Islam yang komprehensif dan integral dari paradigma tauhidullah perlu menjadi central pengetahuan (core kurikulum) yang harus dimiliki oleh anak didik dalam proses pendidikan Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tauhid; Ilmu; Pendidikan Islam; Kurikulum; Integrasi Ilmu |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tedi Priatna |
Date Deposited: | 06 Nov 2019 01:29 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 02:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/26887 |
Actions (login required)
View Item |