Analisis penerimaan pajak hotel di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cirebon

Minatari, Ibnu (2019) Analisis penerimaan pajak hotel di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cirebon. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan pajak hotel menjadi sangat penting bagi pemasukan kas Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan pembangunan ekonomi, sosial, maupun budaya. Penerimaan pajak hotel yang selalu meningkat setiap tahunnya akan berdampak positif bagi keseimbangan keuangan daerah. Namun, penerimaan pajak hotel yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah justru mengalami penurunan pada tahun 2016-2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan mengenai efektvitas dan optimalisasi penerimaan pajak hotel di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan teori tentang optimalisasi pemasukan dana ke kas negara melalui pemungutan pajak yang mengatakan bahwa ada enam dimensi, yaitu (1) kejelasan, kepastian dan kesederhanaan peraturan perundang-undangan perpajakan, (2) kejelasan pemerintah dalam mengimplementasikan undang-undang perpajakan, (3) sistem administrasi perpajakan yang tepat, (4) pelayanan, (5) kesadaran dan kepemahaman warga negara, (6) kualitas petugas pajak (Siti Kurnia Rahayu, 2010). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman (Sugiyono, 2017) yaitu, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Berdasarkan teori dan metode yang digunakan maka penelitian ini menunjukkan bahwa kejelasan dan implementasi peraturan perundang-undangan pada umumnya sudah berjalan dengan baik. Namun, masih ada hambatan yang terjadi seperti sumber daya manusia yang kurang memadai sehingga penerimaan menjadi kurang optimal. Adapun upaya mengatasi hambatan tersebut Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cirebon melaksanakan optimalisasi program sosialisasi penerimaan pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis;penerimaan pajak hotel;Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cirebon;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Tax Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ibnu Minatari
Date Deposited: 07 Nov 2019 03:12
Last Modified: 07 Nov 2019 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item