Upaya meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur'an melalui penerapan Metode Imla' pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Negeri 1 Kota Bandung

Fatimatussulam, Fatimatussulam (2019) Upaya meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur'an melalui penerapan Metode Imla' pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Negeri 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di kelas IV MI Negeri 1 Kota Bandung, yaitu rendahnya kemampuan menulis Al-Qur’an khususnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam aspek menulis. Hal ini dibuktikan beberapa siswa tidak bisa menulis Al-Qur’an dengan rapih dan benar. Maka solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi adalah dengan menerapkan metode imla’ untuk meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Kemampuan menulis Al-Qur’an siswa di Kelas IV MI Negeri 1 Kota Bandung sebelum diterapkan metode imla, (2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode imla’ untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di Kelas IV MI Negeri 1 Kota Bandung, (3) Kemampuan menulis Al-Qur’an siswa di Kelas IV MI Negeri 1 Kota Bandung setelah diterapkan metode imla’. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan siswa dalam menulis Al-Qur’an dipengaruhi banyak faktor, salah satunya penggunaan metode yang tepat, termasuk metode imla’. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode imla’ diduga dapat meningkatkan kemampuan menulis Al-Qur’an siswa. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yang berulang yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu silabus, RPP, lembar penilaian produk, dan lembar observasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penilaian produk, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kulaitatif dan pendekatan statistic untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kemampuan menulis Al-Qur’an sebelum menggunakan metode imla termasuk ke dalam kategori sangat kurang, dengan rata-rata 42,83 dan presentase ketuntasan klasikal 16,66 % (sangat kurang), (2) Proses pembelajaran Al-Quran Hadits dalam aspek menulis dengan menggunakan metode imla’ di kelas IV terlaksana dengan baik. Presentase keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I sebesar 73,94 % sedangkan pada siklus II sebesar 91,17 %. Presentase keterlaksanaan siswa pada siklus I sebesar 70,37 % dan siklus II sebesar 91,17 %. (3) Kemampuan menulis Al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam aspek menulis setelah menggunakan metode imla’ mengalami peningkatan. Pada siklus Inilai rata-rata sebesar 52,2 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 26,66 % dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 70,75 dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 83,33 %. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Al-Qur’an, Metode Imla’, Pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulia Al Quran; metode imla; pembelajaran Al Quran hadist
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fatimatussulam fatimatussulam
Date Deposited: 11 Nov 2019 02:45
Last Modified: 11 Nov 2019 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/26948

Actions (login required)

View Item View Item