Motivasi Siswa Mengikuti Kegiatan Mentoring Akhlak Hubungannya dengan Akhlak Mereka Sehari-hari (Penelitian pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah MAI Purwakarta)

Iis Ismayanti, Iis (1210202081) (2014) Motivasi Siswa Mengikuti Kegiatan Mentoring Akhlak Hubungannya dengan Akhlak Mereka Sehari-hari (Penelitian pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah MAI Purwakarta). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini membahas dua variabel, yaitu variabel “Motivasi siswa mengikuti kegiatan mentoring akhlak” dan variabel “Akhlak siswa sehari-hari”. Berdasarkan keterangan diketahui bahwa secara umum motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan mentoring akhlak di sekolah tergolong tinggi, ini dapat terlihat dari ketabahan dan kesungguhan siswa dalam mengikuti kegiatan ini sangat baik. Namun di sisi lain masih ditemukan perilaku sebagian siswa yang kurang mencerminkan akhlaqul karimah. Dalam hal ini penulis melihat ada kesenjangan antara motivasi siswa mengikuti kegiatan mentoring akhlak dengan akhlak mereka sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas motivasi siswa kelas X Madrasah Aliyah MAI Purwakarta dalam mengikuti kegiatan mentoring akhlak, untuk mengetahui realitas akhlak sehari-hari siswa kelas X Madrasah Aliyah MAI Purwakarta, dan untuk mengetahui realitas hubungan antara motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan mentoring akhlak dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa salah satu yang mempengaruhi akhlak siswa sehari-hari adalah tingkat motivasi yang dimiliki siswa dalam mengikuti kegiatan mentoring akhlak. Seseorang yang termotivasi belajar sesuatu maka tindak-tanduknya akan cenderung mengarah kepada sesuatu yang ia pelajari sesuai dengan minatnya. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan mentoring akhlak, maka akan semakin baik pula akhlak mereka sehari-hari, dan begitu pula sebaliknya. Secara umum berlangsungnya penelitian ini didasarkan pada metode deskriptif, yang ditunjang dengan pengumpulan angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dengan responden sebanyak 42 siswa yang merupakan keseluruhan siswa kelas X Madrasah Aliyah MAI Purwakarta. Kemudian analisis datanya dibagi ke dalam dua pendekatan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi siswa mengikuti kegiatan mentoring akhlak menunjukkan kualifikasi baik/tinggi karena diperoleh skor 3,59 (3,40 – 4,19). Dan Akhlak mereka (siswa) sehari-hari yang juga menunjukkan kualifikasi baik/tinggi karena diperoleh skor 3,78 (3,40 – 4,19). Adapun realitas hubungan antara variabel X dan Y diperoleh korelasi sebesar 0,46 (0,400 – 0,600) yang menunjukkan hubungan agak rendah, dengan derajat pengaruh sebesar 21%. Hal tersebut berarti kadar adanya korelasi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 21%, artinya masih ada faktor lain yang mempengaruhi akhlak mereka sehari-hari sebesar 79%. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 3,29 dan t tabel sebesar 1,68. Karena t hitung > t tabel maka hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi siswa mengikuti kegiatan mentoring akhlak hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motivasi, Mentoring, Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:34
Last Modified: 13 Feb 2017 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2706

Actions (login required)

View Item View Item