Safrizal, Frista Dwi (2019) Aktivitas siswa dalam mengikuti program membaca al-Quran ODOJ (One Day One Juz) hubungannya dengan hasil kognitis mereka pada mata pelajaran hadits. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada latar belakang masalah bahwa berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa di SMP Plus Al-Aqsha ada program membaca Al-Quran ODOJ (One Day One Juz) dimana setiap siswa diwajibkan untuk mengikuti program tersebut dengan tujuan agar siswa memiliki akhlak yang baik melalui membaca Al-Quran ini.Sementara itu hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran hadits sebagian besar masih rendah, hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktivitas siswa dalam mengikuti program membaca Al-Quran ODOJ(One Day One juz) di kelas VIII A SMP Plus Al-Aqsha. (2) hasil belajar kognitif mereka pada mata peajaran hadits (3) hubungan antara program membaca Al-Quran ODOJ(One Day One juz) dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran hadits di kelas VIII A SMP Plus Al-Aqsha. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran hadits dipengaruhi olehfaktor sekolah. Salah satunya aktivitas siswa dalam mengikuti program membaca Al-Quran ODOJ(One Day One juz). Berdasarkan hal tersebut hipotesis yang digunakan adalah semakin tinggi aktivitas siswa dalam mengikuti program membaca Al-Quran ODOJ(One Day One juz) maka semakin tinggi pula hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran hadits dan begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, tes ,observasi, dan wawancara. Adapun proses analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial dan analisis korelasional. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa (1) aktivitas siswa dalam mengikuti program membaca Al-Quran ODOJ (One Day One juz) termasuk kategori tinggi dengan angka rata-rata 3,9 yang beradadiantara interval 3,6-4,5. (2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran hadits termasuk kategori sangat tinggi dengan angka rata-rata 82,4 yang berada diantara interval 80-100. (3) Koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y dengan nilai rata-rata 0,97 berada pada rentang 0,80- 1,00 yang berkategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis bahwa t hitung< t table H0 diterima. Besarnya pengaruh variable X terhadap variabel Y sebesar 76% sedangkan 24% lagi hasil belajar siswa pada mata pelajaran hadits dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas dalam mengikuti program membaca Al-Quran ODOJ (One Day One Juz); Hasil belajar kognitif; Mata pelajaran Hadits; |
Subjects: | Education, Research Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | frista frista dwi safrizal afrizal |
Date Deposited: | 08 Nov 2019 07:29 |
Last Modified: | 08 Nov 2019 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27062 |
Actions (login required)
View Item |