Konseling sufistik dalam pembinaan akhlak siswa: Studi kasus di Pondok Pesantren Al-Falah 2 Nagreg

Fauziyyah, Hanifah (2019) Konseling sufistik dalam pembinaan akhlak siswa: Studi kasus di Pondok Pesantren Al-Falah 2 Nagreg. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Berbagai fenomena yang terjadi dalam perilaku peserta didik dewasa ini mengacu pada krisis akhlak, upaya tersebut bisa diatasi memalui pendekatan bimbingan dan konseling yang menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasarn dalam mengembangkan model konseling di Indonesia. Maka dari itu, konseling sufistik merupakan basis pengembangan yang dipandang secara tepat. Salah satu pondok pesantren yang sudah menerapkan konseling sufistik ini adalah Pondok Pesantren Al-Falah 2 Nagreg, sehingga tertarik untuk melakukan penelitian tentang konseling sufistik terhadap pembinaan akhlak siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode konseling sufistik yang telah diterapkan di Pondok Al-Falah ini. Juga untuk mengetahui bagaimana implikasi dari bimbingan konseling sufistik dalam pembinaan akhlak siswa di Pondok Pesantren Al-Falah 2 Nagreg. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mendeskripsikan data yang didukung oleh observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dari penelitian ini. Teori Robert Frager menjelaskan bahwa psikologi dan tasawuf merupakan integrasi antara dimensi fisik, psikis, dan spiritual dalam perkembangan jiwa manusia. Merujuk pada konsep dasar psikologi sufi yang di dalamnya terdapat bimbingan konseling sufitik, maka dilakukanlah penelitian tentang konseling sufistik dalam pembinaan akhlak di Pondok Pesantren Al-Falah 2 Nagreg. Hasil dari penelitian skripsi ini, menjelaskan bahwa metode konseling sufistik yang telah diterapkan di Pondok Pesantren Al-Falah adalah penguatan, memberikan nasihat, riyadhah, dan konseling kelompok; adapun implikasi dari konseling sufistik di pondok tersebut tidak hanya mampu menjadikan individu bisa menyelesaikan persoalan hidupnya, tetapi juga membentuk karakter atau akhlak terpuji yang telah dibina selama proses konseling berjalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konseling; sufistik; akhlak
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Sufi Orders
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hanifah Fauziyyah
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:18
Last Modified: 15 Nov 2019 02:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item View Item