Analisis kinerja birokrasi publik di Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung tahun 2017

Aisati, Rihadatul (2019) Analisis kinerja birokrasi publik di Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung tahun 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstract

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menegaskan bahwa setiap penyelenggaraan pelayanan publik, baik yang memberikan pelayanan secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan untuk setiap jenis pelayanan sebagai tolok ukur dalam penyelenggaraan pelayanan dilingkungan masing-masing. Pemerintah sebagai penyedia pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat, dituntut untuk menunjukkan tanggungjawab dalam berbagai upaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal demi kesejahteraan masyarakatnya. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 menyelenggarakan pelayanan publik di setiap instansi pemerintah termasuk Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja birokrasi publik di Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung tahun 2017, untuk mengetahui kendala kinerja birokrasi publik di Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung tahun 2017, dan untuk mengetahui solusi dalam menghadapi kendala di Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung tahun 2017. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dari Dwiyanto dalam Harbani Pasolong (2014:178) mengenai indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja birokrasi publik, bahwa ada lima indikator yang harus diperhatikan untuk mengukur kinerja birokrasi publik antara lain produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, peneliti mendapatkan data primer dengan teknik wawancara. Informan yang dipilih adalah Sub bagian umum, kepegawaian, data dan informasi, Kepala seksi perencanaan drainase dan Sumber Daya Air, Seksi pemeliharaan dan pengendalian drainase dan Sumber Daya Air, dan Kepala seksi pembangunan dan pengendalian drainase dan Sumber Daya Air. Sedangkan data sekundernya berupa arsip dokumen yang didapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja birokrasi di Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung tahun 2017 dalam menjalankan realisasinya belum mencapai target karena tidak ada sistem E-RK (Elektronik-Remunerasi Kinerja) sebagai wadah untuk menjebatani para pegawai dalam menilai dan menghitung jam kerja, kurangnya SDM, pelayanan yang tidak berkualitas, dan kurangnya skill para pegawai. Maka solusinya diadakan pemantauan intern, menambah SDM, aktif di media sosial, dan meningkatkan skill pegawai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Birokrasi; dan Pelayanan;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Industries
Public Performances
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Rihadatul Rida Aisati
Date Deposited: 08 Nov 2019 06:18
Last Modified: 08 Nov 2019 06:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27083

Actions (login required)

View Item View Item