Hubungan perkembangan nilai agama dan moral dengan perilaku sosial anak usia dini: Penelitian di RA PERSIS 235 Nasrullah Ujungberung Bandung

Khaji, Khujatul (2019) Hubungan perkembangan nilai agama dan moral dengan perilaku sosial anak usia dini: Penelitian di RA PERSIS 235 Nasrullah Ujungberung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi perilaku sosial 10 anak di kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung yang belum berkembang dengan baik. Hal ini ditandai dengan perilaku beberapa anak sehari-hari yang belum mencapai standar tingkat pencapaian perkembangan anak seperti tidak mau bergiliran saat bermain, ingin menang sendiri, dan tidak mengikuti aturan permainan. Perilaku tersebut tidak sesuai dengan perkembangan nilai agama dan moral anak yang telah dicapai dengan baik. Semestinya jika perkembangan nilai agama dan moral anak baik maka perilaku sosialnya akan baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Realitas perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung. 2) Realitas perilaku sosial anak kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung. 3) Realitas hubungan perkembangan nilai agama dan moral dengan perilaku sosial anak kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa perilaku sosial anak dipengaruhi oleh perkembangan nilai agama dan moral. Apabila perkembangan nilai agama dan moral anak baik, maka diperkirakan perilaku sosial anakpun baik. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perkembangan nilai agama dan moral dengan perilaku sosial anak kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif analitik dan menggunakan teknik korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujung Berung Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 anak. Sedangkan objek penelitiannya adalah perkembangan nilai agama dan moral dan perilaku sosial anak. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujungberung Bandung berada pada kategori tinggi dengan perolehan nilai 3,77 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Perilaku sosial anak kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujungberung Bandung berada pada kategori tinggi dengan perolehan nilai 3,5 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Perkembangan nilai agama dan moral dengan perilaku sosial kelompok B RA PERSIS 235 Nasrullah Ujungberung Bandung memiliki hubungan yang sangat tinggi yang ditandai dengan perolehan koefisien korelasi 0,83 yang berada pada koefisien korelasi 0,800-1,000.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan nilai agama dan moral; perilaku sosial; anak usia dini
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: khujatul Khaji Rahmat
Date Deposited: 08 Nov 2019 07:21
Last Modified: 08 Nov 2019 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27106

Actions (login required)

View Item View Item