Multazam, Fiky (2019) Nilai-nilai Kewirausahaan pada Pembelajaran Tematik: Penelitian Deskriptif di Kelas V MIN 1 KOTA BANDUNG. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan para guru yang belum mengimplementasikan nilai-nilai kewirausahaan yaitu mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, berorientasi pada tinakan, kepemimpinan dan kerja keras secara rinci mulai dari perencanaan, pengintegrasian, dan penilaian pada pembelajaran tematik di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran nilai kewirausahaan, desainnya, proses implementasinya, faktor pendukung dan penghambatnya, upaya yang dilakukan sekolah serta model pembelajaran yang tepat untuk nilai-nilai kewirausahaan pada pembelajaran tematik di kelas V. Teori yang dipakai dalam penelitian ini menurut Daryanto yang menyatakan bahwa kewirausahaan merupakan sikap atau jiwa serta semangat mulia pada diri seseorang yang inovatif ,kreatif, berupaya untuk kemajuan pribadi dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini kepala madrasah, guru wali kelas dan siswa di MIN 1 Kota Bandung Indonesia. Adapun Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber analisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan datanya dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran nilai-nilai kewirausahaan sebagai hasil dari proses pembelajaran tematik memunculkan sikap mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, berorientasi pada tindakan, kepemimpinan, dan kerja keras, 2) Desain dalam proses pembelajaran tematik dirancang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Penutup, yang berbasis nilai-nilai kewirausahaan, 3) Proses implementasi dilakukan dalam kegiatan internalisasi melalui mata pelajaran, ekstrakurikuler dan kultur madrasah 4) Faktor pendukungnya yaitu team work yang baik peran kepala madrasah serta orang tua, dan letak geografis madrasah yang strategis. Sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya sumber daya manusia yaitu guru, media dan kegiatan di luar proses kegiatan belajar mengajar yang harus dilaksanakan, 5) Upaya yang telah dilakukan madrasah melalui peran guru dalam business centre meliputi pembagian pembimbingan pada masing-masing guru dan pembimbingan pada peserta didik , mengikutsertakan diklat dan workshop kewirausahaan untuk guru serta internalisasi nilai kepada siswa tentang pentingnya sikap kemandirian, kepemimpinan, kreatif, kerja keras , berorentasi pada tindakan dan berani mengambil resiko dalam setiap proses pembelajaran di kelas 6) Model pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan kooperatif model problem based introduction (PBI) yaitu pembelajaran siswa pada masalah kehidupan nyata melalui pengalaman belajar dalam kehidupan nyata dengan market day.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Deskriptif; Nilai-nilai Kewirausahaan; Pembelajaran Tematik; |
Subjects: | Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | fiky multazam |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 03:19 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 03:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27115 |
Actions (login required)
View Item |