Rusmana, Agus (2013) Penerapan pendekatan Contectual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang pengaruh gaya terhadap benda: Penelitian tindakan kelas di MI YPI Galmasi Kelas IV Desa Nanjungjaya Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pada siswa kelas IV di MI YPI Galmasi yaitu keberhasilan belajar siswa masih sangat rendah hal ini dapat dilihat pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan hampir disemua sekolah, untuk pelajaran IPA di MI masih ada saja siswa yang mendapatkan rata- rata nilai dibawah 60. Hal ini disebabkan oleh minat siswa terhadap pelajaran IPA pokok bahasan pengaruh gaya terhadap benda yang masih rendah, maka perlu dilakukan suatu perubahan dalam proses pembelajar agar dapat menarik minat siswa untuk belajar pelajaran IPA pokok bahasan Pengaruh gaya terhadap benda. Permasalahan umum diatas dapat dirinci sebagai berikut: 1) Bagaimana aktifi tas siswa pada pembelajaran dengan pendekatan Konstektual untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui pengaruh gaya terhadap benda dikelas IV MI pada setiap siklus. 2) Bagaimana hasil belajar siswa melalui pengaruh gaya terhadap benda dik elas IV MI, dengan penerapan pendekatan Konstektual pada setiap siklus. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV MI YPI Galmasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA Hipotesis yang diajukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA pokok bahasan pengaruh gaya terhadap benda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu metode yang diarahkan kepada suatu usaha pemecahan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan hasil penelitian apa adanya melalui pengum pulan data, analisis data, serta penyimpulan penyimpulan terhadap data yang yang akan dianalisis. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus dim ana setiap siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi se rta pada akhir setiap siklus diadakan tes pada siswa kelas IV MI YPI Galmasi yang berjumlah 23 orang siswa dengan menggunakan metode tanya jawab. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pemahaman siswa pokok bahasan pengaruh gaya terhadap benda menunjukan peningkatan yang cukup sign ifikan yaitu: a.) nilai rata-rata pra siklus 51 % yang mencapai KKM dan 48 %yang b elum mencapai KKM, dan setelah melakukan tindakan pada siklus I; 72 % yang me ncapai KKM dan 28 % yang belum mencapai KKM. b.) nilai rata-rata siklus II nilai ketercapaian KKM pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86 %mencap ai KKM, dan 14 yang belum mencapai KKM. c.) nilai rata-rata pada siklus III; 93 % y ang mencapai KKM dan 7 % yang belum mencapai KKM, atau 21 siswa mencapai KKM dan 2 siswa yang belum mencapai KKM. jadi hipotesis penelitian terbukti kebenarannya, yaitu melalui Strategi Pembelajaran Contectual Teaching and Lear ning pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Pengaruh Gaya Terhadap Benda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI YPI Galmasi Tahun Pela jaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contectual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar; Siswa IPA; Gaya; Benda; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 23 Jan 2017 08:44 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 02:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2717 |
Actions (login required)
View Item |