Efektivitas program muhasabbah di pondok pesantren raudhotul quran desa jatirahayu kecamatan pondok melati hubungan nya dengan akhlak mereka sehari hari

muchtar, muhamad aminnudin (2017) Efektivitas program muhasabbah di pondok pesantren raudhotul quran desa jatirahayu kecamatan pondok melati hubungan nya dengan akhlak mereka sehari hari. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah antusias santri dan jamaah dalam mengikuti program muhasabbah yang sangat tinggi. Hal ini dapat dibuktikan bahwa program muhasabbah sangat diminati oleh para santri dan jamaah yang dilaksanakan secara rutin setiap minggunya. Akan tetapi pada kenyataannya masih terlihat akhlak santri dan jamaah yang kurang baik dalam sehari-harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan santri dan jamaah terhadap efektivitas program muhasabbah hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari di pondok pesantren Raudhotul Qur’an Desa Jatirahayu kecamatan Pondok Melati. Evektifitas program muhasabbah merupakan tingkat pencapaian dan keberhasilan rencana kegiatan dalam upaya memperbaiki diri, mengintropeksi diri sendiri guna mengetahui kekurangan dan kealpaan sehingga akan membentuk akhlak yang baik. Dari program muhasabbah yang telah direncanakan diantaranya sholat tahajud berjamaah, sholat tahajud munfarid, muroja’ah, istigosah, dan tausiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah adanya hubungan antara variabelX(efektivitas program muhasabah) dan variabel Y (akhlak sehari-hari). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tanggapan santri dan jamaah terhadap realitas efektivitas program muhasabbah memperoleh nilai rata-rata 2,63 dengan kualifikasi cukup karena berada pada interval 2,60 – 3,39. Realitas akhlak mereka sehari-hari memperoleh nilai 3,92 dengan kualifikasi baik karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Hubungan efektivitas program muhasabbah di pondok pesantren Raudhotul Qur’an dengan akhlak mereka sehari-hari korelasinya sangat baik. Besar pengaruh antara efektivitas program muhasabbah di pondok pesantren raudhotul qur’an hubungan nya dengan akhlak mereka sehari-hari 0,57 angka tersebut termasuk pada korelasi sedang/cukup karena berada pada interval 0,40-0,59, sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5 % menujukan hasil thitung 4,16 > ttabel 2,069. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima artinya ada hubungan yang signifikan antara variebel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 58% artinya diperkirakan masih ada pengaruh lain sebesar 42 % yang mempengaruhi akhlak mereka sehari-hari, baik dari faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: muhasabah; akhlak; pesantren
Subjects: Education, Research
Education > Ethical Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Aminnudin Muchtar
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:56
Last Modified: 12 Nov 2019 06:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item