Implementasi nilai-Nilai toleransi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMA Negeri 28 Kabupaten Tangerang

Ika, Ika (2019) Implementasi nilai-Nilai toleransi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMA Negeri 28 Kabupaten Tangerang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK..pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK..pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena sekolah yang beragam, peneliti menemukan masih ada peserta didik yang berbaur dengan temannya di lingkungan sekolah masih ditemukan saling mengejek antar peserta didik satu dengan lainya terkait dengan agama, ras, dan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi nilai-nilai toleransi pada mata pelajaran PAI di SMAN 28 Kabupaten Tangerang (2) Mengidentifikasi implementasi nilai-nilai toleransi pada mata pelajaran PAI di SMAN 28 Kabupaten Tangerang (3) Mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai toleransi pada mata pelajaran PAI di SMAN 28 Kabupaten Tangerang (4) Mengidentifikasi hasil implementasi nilai-nilai toleransi pada mata pelajaran PAI di SMAN 28 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan atau menganalisis data-data yang diperoleh dari SMAN 28 Kabupaten Tangerang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai toleransi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 28 Kabupaten Tangerang dilakukan dengan (a) Belajar dalam perbedaan, (b) membangun saling percaya, (c) memelihara saling pengertian, (d) menjunjung tinggi sikap saling menghargai. (2) Dampak implementasi nilai-nilai toleransi terciptanya suasana belajar yang kondusif, aktivitas sekolah berjalan dengan lancar serta mempunyai toleransi yang tinggi serta terciptanya budaya menghormati dan menghargai dalam perbedaan, terciptanya kerukunan hidup beragama dalam perbedaan. (3) Implementasi nilai-niai toleransi yaitu meningkatkan untuk selalu berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing, memberikan ucapan selamat ketika dalam kegiatan hari-hari besar antar umat beragama serta menigkatkan untuk saling menghargai, menghormati antar teman yang berbeda keyakinan, saling tolong menolong serta peduli. (4) Faktor pendukung diantaranya: kebijakan pemerintah yang memberikan aturan tentang adanya penanaman nilai-nilai toleransi beragama, fasilitas yang memadai, terwujudnya kerjasama antar warga sekolah dalam kegiatan keagamaan. Adapun faktor penghambatnya antara lain: tingkat kemampuan, kematangan emosional siswa yang tidak sama, latar belakang sekolah sebelumnya yang tidak sama seperti sekolah agama dan sekolah kristen ketika masuk ke SMAN 28 Kab. Tangerang semuanya bersatu. (5) Hasil implementasi nilai-nilai toleransi pada pembelajaran PAI yaitu Semua siswa yang beragama Islam mampu bekerja sama tanpa membedakan agama, siswa memiliki keimanan (religious) yang tinggi, siswa dan guru mampu bertoleransi, siswa dan guru memiliki karakter demokrasi, terciptanya kerukunan dan solidaritas yang baik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Nilai Nilai Toleransi; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 12 Nov 2019 03:27
Last Modified: 13 Jan 2022 07:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27209

Actions (login required)

View Item View Item