Pengaruh tabungan mudharabah dan pembiayaan mudharabah terhadap pendapatan bersih pada PT. Bank BRI Syariah periode 2010-2013

Surtoni, - (2016) Pengaruh tabungan mudharabah dan pembiayaan mudharabah terhadap pendapatan bersih pada PT. Bank BRI Syariah periode 2010-2013. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (812kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)

Abstract

Sumber dana merupakan hal yang terpenting bagi bank agar dapat lebih meningkatkan jumlah pembiayaan yang akan di salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Dalam memberikan pembiayaan bank harus mempunyai ketersediaan sumber dana, semakin banyak dana yang dimiliki oleh bank maka akan semakin besar pula bank dalam melaksanakan fungsinya. Dana yang dimaksud bersumber dari masyarakat yang berupa Tabungan dan Deposito. Penelitian ini diawali dengan fenomena yang terjadi pada PT. Bank BRI Syariah setiap tahunnya Tabungan Mudharabah mengalami kenaikan akan tetapi Pendapatan Bersih mengalami penurunan setiap awal triwulan, dan Pembiayaan Mudharabah relatif stabil tetapi Pendapatan Bersih mengalami penurunan diawal triwulan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui perkembangan dan pengaruh Tabungan Mudharabah, (2) Untuk mengetahui perkembangan dan pengaruh Pembiayaan Mudharabah, (3) Untuk mengetahui pengaruh Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Pendapatan Bersih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan uji statistik. Regresi berganda, koefisiensi determinasi uji F dan uji t. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi PT. Bank BRI Syariah periode 2010-2013. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan, didapat kesimpulan bahwa Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah berpengaruh positif secara signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada PT. Bank BRI Syariah. Berdasarkan hasil perhitungan SPSS 16.0 diperoleh angka nilai Fhitung sebesar 8,528 dan Ftabel sebesar 3,81dengan tingkat signifikansi (α) = 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Fhitung> Ftabel atau 8,528 > 3,81. Artinya bahwa Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah berpengaruh positif secara signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada PT. Bank BRI Syariah. Adapun hasil persamaan regresi berganda yaitu Y=399,627+0,771 X1–63,686 X2 Hasil koefisiensi determinasi diperoleh nilai sebesar 56,7%. Hal ini menunjukan bahwa Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah berpengaruh sebesar 56,7% terhadap Pendapatan Bersih dan sisanya 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Mudharabah; Pembiayaan Mudharabah; dan Pendapatan Bersih
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 13 Nov 2019 01:40
Last Modified: 13 Nov 2019 01:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27242

Actions (login required)

View Item View Item