dharmawati, tanti (2019) Pengaruh pendekaan Sosio-Scientific Isues (SSI) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (444kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis adalah kemampuan memberikan alasan (reasonable) dan berpikir reflektif yang difokuskan pada apa yang diyakini dan apa yang dilakukan. Berdasarkan observasi dilapangan, dalam proses pembelajaran siswa cenderung kurang aktif sehingga ketuntasan belajar 39%. Sehingga diperlukan pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran agar siswa menjadi aktif dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, maka digunakan pendekatan Socio-scientific Issues (SSI). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran SSI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang akan digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0.56 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 0.43. Hasil uji t N-Gain menunjukkan bahwa data yang dihasilkan sesuai dengan kriteria yaitu thitung (3.28) > ttabel (1.99) dengan taraf signifikan 5%, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran SSI berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosio-Scientific Isues (SSI); berpikir kritis; siswa ;sistem reproduksi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | tanti dharmawati |
Date Deposited: | 14 Nov 2019 07:47 |
Last Modified: | 14 Nov 2019 07:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27294 |
Actions (login required)
View Item |