Manfaat membaca dan menghafal alquran: Studi Living Qur’an terhadap manfaat membaca dan menghafal Alquran pada anggota unit kegiatan santri Ponpes Al-Ihsan

Hamdani, Ahmad Yusuf (2019) Manfaat membaca dan menghafal alquran: Studi Living Qur’an terhadap manfaat membaca dan menghafal Alquran pada anggota unit kegiatan santri Ponpes Al-Ihsan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi oleh kondisi sebagian mahasiswa di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang masih kesulitan dalam memahami Alquran, bahkan dalam yang hal mendasar tentang pemahaman membaca Alquran. Tetapi di tengah kekhawatiran itu masih ada Unit Kegiatan Santri Hifzhil Quran (UKS HQ) salah satu Unit Kegiatan Santri (UKS) di Ponpes Al-Ihsan Bandung (Cibiru Hilir) yang menjawab persoalan tersebut. UKS HQ diharapkan dapat menjadi salah satu tempat bagi santri Ponpes Al-Ihsan Bandung untuk belajar memahami dalam membaca maupun menghafal Alquran dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat membaca dan menghafal Alquran pada kegiatan UKS HQ Ponpes Al-Ihsan Bandung. Di samping itu, secara akademis penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi yang berguna untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan yang mungkin akan diteliti dalam penelitian selanjutnya. Metode yang dipakai adalah kulitatif deskriptif, dengan cara wawancara. Mengenai penelitian skripsi ini juga digunakan pendekatan fenomenologis suatu pendekatan yang dianggap relevan, sebab objek kajian yang sedang di teliti berkaitan erat dengan realitas sosial. Pendekatan ini membiarkan objek membicarakan dirinya sendiri dengan ada adanya, tanpa adanya intervensi dari peneliti. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, bahwa para anggota UKS HQ sudah sangat memahami serta mampu mengimplementasikan manfaat membaca dan menghafal Alquran. Hal ini terlihat dari kegiatan-kegiatan atau kajian-kajian yang dilaksanakan di UKS HQ sendiri sudah banyak yang berkaitan dengan pemahaman membaca dan menghafal Alquran kegiatan khataman Alquran, kegiatan simaan Alquran, kegiatan kajian tafsir, dan kegiatan pembinaan tahsin, murottal serta mujawwad. Dari pemahaman setiap anggota UKS HQ, para anggota sudah dapat memahaminya selain karena hasil belajar mereka di-UKS HQ ditambah juga dari latar belakang para anggota sebelum masuk ke-UKS HQ yang sudah memiliki pengetahuan dasar tentang Alquran. Sedangkan dari cara mengimplementasikan manfaat membaca dan menghafalnya para anggota membuktikan langsung bahwa Alquran itu benar-benar mudah untuk dipelajari. Dengan selalu membacanya dan berusaha menghafalnya, belajarnya dengan niat yang ikhlas hanya karena Allah Swt, mempelajarinya dengan ber-talaqqi langsung kepada seorang guru agar tidak ada bacaan yang salah, berusaha selalu murojaahnya setiap hari, dan membacanya dengan tartil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reading; Memorizing; Alquran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Yusuf Hamdani
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:39
Last Modified: 19 Nov 2019 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27325

Actions (login required)

View Item View Item