Fauzi, Rafi (2019) Optimalisasi pelayanan masjid dalam upaya meningkatkan aktivitas dakwah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan adalah aktivitas atau hasil yang ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain yang biasanya tidak kasat mata, dan hasilnya tidak dapat memiliki oleh pihak lain tersebut. Adapun bentuk pelayanan yang diberikan dari pihak DKM Masjid Istiqomah yaitu ada yang berupa kebutuhan rohani dan jasmani, yang dimana kebutuhan rohani di aplikasikan dalam bentuk kegiatan dakwah. Adapun hal yang menarik perhatian sehingga berbeda dengan masjid pada umumnya, dimana pihak DKM memetakan khutbah dzuhur sebagai suatu hal yang harus ada di Masjid Istiqomah. Kemudian, adapun pelayanan jasmani yang berupa pembagian makanan setiap ba’da jum’at. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perencanaan pelayanan dalam upaya meningkatkan aktivitas dakwah di Masjid Istiqomah. (2) Untuk mengetahui penerapam pelayanan dalam upaya meningkatkan aktivitas dakwah di Masjid Istiqomah. (3) Untuk mengetahui evaluasi pelayanan dalam upaya meningkatkan aktivitas dakwah di Masjid Istiqomah. Proses-proses dalam manajemen memiliki hubungan satu sama lain, bahkan merupakan sebuah siklus. Apabila disederhanakan, proses manajemen dapat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Pelayanan adalah sebagai serangkaian kegiatan yang merupakan proses. Sebagai proses pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan meliputi seluruh kehidupan orang dalam masyarakat, proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai bukti adanya pelayanan masjid dalam upaya meningkatkan aktivitas dakwah di Masjid Istiqomah. Berdasarkan hasil dan penelitian yang dilakukan di Masjid Istiqomah dari optimalisasi pelayanan masjid dalam upaya meningkatkan aktivitas dakwah dapat disimpulkan: Pertama, bahwa perencanaan pelayanaan masjid di Masjid Istiqomah terbagi menjadi dua bagian yang dimana bagian itu perencanaan pelayanan yang dilakukan untuk bulanan dan perencanaan pelayanan yang dilakukan untuk tahunan. Kedua, penerapan pelayanan masjid tersendiri merupakan suatu usaha yang dilakukan pihak DKM dan pengurus Masjid Istiqomah agar memberikan rasa nyaman kepada para jamaah yang datang, baik dalam bentuk kegiatan sehari-hari maupun kajian-kajian. Ketiga, proses tahapan evaluasi pelayanan masjid di Masjid Istiqomah yaitu dengan melakukan pertemuan secara langsung maupun melalui media sosial.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan; Masjid; Aktivitas; Dakwah. |
Subjects: | Islam Islam > Mosques Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Rafi Fauzi |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 03:32 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 03:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27339 |
Actions (login required)
View Item |