Mediamorfosis Radar Bandung: Studi deksriptif perkembangan media cetak ke media online pada Harian Pagi Radar Bandung

Passandaran, Youris Marcelina (2019) Mediamorfosis Radar Bandung: Studi deksriptif perkembangan media cetak ke media online pada Harian Pagi Radar Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan listrik, komputer dan kelahiran bahasa digital telah merubah pola komunikasi manusia. Sejatinya semakin hari pola komunikasi manusia mengalami transformasi, begitupun dengan medium komunikasi. Transformasi medium komunikasi tidak hanya pada ranah interpersonal, melainkan juga komunikasi massa. Dalam perkembangan media massa dari jaman ke jaman selalu terjadi penyesuaikan diri dengan teknologi yang berkembang dan diadopsi secara global atau massal. Pada era ini teknologi yang diadopsi adalah teknologi internet dalam proses pendigitalisasi media massa konvensional. Penelitian ini mengkaji tentang transformasi media massa dalam konteks perkembangan media cetak ke media online yang dilakukan oleh Radar Bandung. Penelitian ini berlandaskan pada konsep Mediamorfosis yang digagas oleh Roger Fidler. Penelitian mengenai Mediamorfosis ini bertujuan untuk mengetahui proses Koevolusi, Konvergensi dan Kompleksitas yang dilakukan oleh Radar Bandung dalam upaya mempertahakan eksistensinya di era digital. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan studi deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) pada proses koevolusi Radar Bandung telah mengadopsi teknologi komputer dan bahasa digital berupa internet dalam kegiatan kerjurnalistikannya. Sehingga dalam perkembangan yang lebih maju Radar Bandung berhasil melebarkan bisnisnya dengan melahirkan dua media online radarbandung.id dan bandung.pojoksatu.com. (2) Pada proses konvergensi, Radar Bandung memanfaatkan teknologi komputer dan bahasa digital dengan lebih serius lagi sehingga teknologi-teknologi tersebut membuat Radar Bandung melakukan dua macam konvergensi berupa konvergensi teknologi atau digital dan konvergensi jurnalistik. (3) Proses kompleksitas yang terjadi di Radar Bandung adalah berupa prediksi kematian media cetak yang ditanggapi dengan serius karena bisnis utama Radar Bandung adalah media cetak. Selanjutnya kompleksitas lainnya adalah pengadopsian teknologi yang tertunda dari scan QR code yang dianggap sebagai formula yang pas dalam perkawinan media cetak dan media online milik Radar Bandung. Namun, dengan kompleksitas yang ada tidak menjadikan hal-hal tersebut menjadi sesuatu yang fatal. Melainkan dengan riset dan pengembangan yang mendalam, sebaliknya akan menghasilkan peluang di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mediamorfosis; Koevolusi Media; Konvergensi; Kompleksitas
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Youris Marcelina Passandaran
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:34
Last Modified: 18 Nov 2019 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27424

Actions (login required)

View Item View Item