Mardiansyah, Reza Arief (2019) Penerapan strategi pembelajaran aktif Information Search untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Sirnamiskin pada mata pelajaran Aqidah Akhlak pokok bahasan perilaku terpuji pada diri sendiri: Penelitian tindakan kelas di Madrasah Tsanawiyah Sirnamiskin. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER_.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB_1.pdf Download (235kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Aqidah Akhlak belum dapat memberikan kesan kepada siswa dalam menerapkan perilaku kehidupan sehari-hari karena hanya menggunakan model klasik yang tidak menarik. Strategi pembelajaran yang dipakai oleh guru tersebut tidak mampu memaksimalkan hasil belajar siswa tentang materi Aqidah Akhlak, sehingga prestasi yang dicapai pun belum memuaskan. Tidak terkecuali di kelas VIII MTs Sirnamsiskin berdasarkan studi pendahuluan masih banyak siswa yang memiliki nilai Aqidah Akhlak dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran aktif information search, 2) proses penerapan menggunakan strategi pembelajaran aktif information search, 3) hasil belajar sesudah penerapan strategi pembelajaran aktif information search. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh strategi yang tepat, termasuk strategi pembelajaran aktif information search. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif information search diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan wawancara. Analisis data hasil penelitian menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa: 1) hasil belajar siswa sebelum penerapan strategi pembelajaran aktif information search dinilai belum memuaskan, terbukti masih ada 30% siswa yang memiliki nilai dibawah KKM yakni 58,82. Aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. 2) Presentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I tindakan I sebesar 62% , tindakan II meningkat menjadi 75%, meningkat pada siklus tindakan I sebesar 84%, tindakan II menjadi 97%. 2) Presentase rata-rata aktivitas guru siklus I tindakan I sebesar 65% , tindakan II meningkat menjadi 74%, Meningkat pada siklus II tindakan I sebesar 86% dan tindakan II meningkat sebesar 95%. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa meningkat dengan diadakannya strategi pembelajaran aktif information search. 3) Hasil belajar siswa sesudah penerapan strategi pembelajaran aktif information search meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai perolehan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil belajar siswa 66,84 pada siklus I, kemudian mencapai 77,63 pada tindakan siklus II (Mencapai KKM). Hasil nilai perolehan siswa yang meningkat pada setiap siklus dan tindakannya hingga mencapai KKM menunjukkan penerapan strategi pembelajaran aktif information search dinilai dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif Information Search; Mata Pelajaran Aqidah Akhlak; Pokok Bahasan Perilaku Terpuji Pada Diri Sendiri |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Reza Arief Mardiansyah |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:27 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27447 |
Actions (login required)
View Item |