Implementasi perencanaan program Pondok Pesantren Darut Taubah dalam upaya meningkatkan potensi santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Darut Taubah,Jl. Saritem, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung

Guntara, Redi (2019) Implementasi perencanaan program Pondok Pesantren Darut Taubah dalam upaya meningkatkan potensi santri: Studi deskriptif di Pondok Pesantren Darut Taubah,Jl. Saritem, Kebon Jeruk, Andir, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Dalam perspektif manajemen, perencanaan dan program adalah tugas pokok dan strategis bagi seluruh lembaga atau organisasi. Sebuah lembaga tidak akan mencapai target dan tujuannya secara lebih efektif tanpa adanya suatu perencanaan yang baik. Begitupun apa yang terjadi pada sebuah Pondok Pesantren. Perencanaan dan program adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Keduanya sangat mempengaruhi dalam pencapaian tujuan dan sasarannya. Secara umum pesantren masih menghadapi kendala serius menyangkut ketersediaan sumber daya manusia profesional dan penerapan manajemen yang umumnya masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Model perencanaan program yang dilakukan di Pondok Pesantren Darut Taubah; 2) Jenis perencanaan program yang diterapkan di Pondok Pesantren Darut Taubah; 3)Pelaksanaan program Pondok Pesantren Darut Taubah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan George R. Terry. Perencanaan adakah memilih dan menghubungkan fakta serta membuat atau menggunakan semua asumsi mengenai waktu yang akan datang dengan jalan menggambarkan dan merumuskan semua kegiatan yang dibutuhkan dan diperlukan untuk mencapai hasil yang di inginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan secara langsung, wawancara dengan unsur Pimpinan Pondok Pesantren serta mengumpulkan dokumen yang berkaitan dengan penelitian sehingga data dapat terkumpul untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Darut Taubah terdapat model perencanaan program yang berupa analisis untuk mengkaji lingkungan. Adapun dalam aspek implementasi yakni pelaksanaan program yang berupa pengajian santri majelis taklim. Terdapat juga program pengajian harian, mingguan, bulanan dan tahunan, serta program lainnya yaitu partisipasi dalam pelaksanaan Dakwah Islam. Adapun aspek evaluasi merupakan suatu bentuk penilaian terhadap program yang telah dilaksanakan. Jenis-jenis perencanaan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darut Taubah meliputi tujuan yang menjadikan santri siap guna, kebijaksanaan yang berupa pengarahan untuk santri agar senantiasa disiplin, prosedur yang merupakan modal akhlaqul karimah bagi santri dalam berperilaku, aturan yang berupa peraturan-peraturan yang harus dita’ati oleh santri, program yang berupa kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh Pondok Pesantren dan harus dilaksanakan oleh santri. Anggaran diperoleh Pondok Pesantren melalui kerja sama dengan para pejabat pemerintah untuk mengisi kebutuhan pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Perencanaan Program; Pondok Pesantren
Subjects: Culture and Institutions
General Management > Planning and Strategic Management
Wood Construction, Carpentry > Planning, Analysis, Engineering Design
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Redi Guntara
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:53
Last Modified: 19 Nov 2019 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27453

Actions (login required)

View Item View Item