Utamie, Fentie Nuriasih (2019) Penerapan model pembelajaran SAVI berbantu Mind Maps untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kreatif bagian dari berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skill) yang menjadi karakter pendidikan abad 21. Model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) menyajikan proses pembelajaran dengan melibatkan indera siswa yang berbantu mind maps akan memudahkan siswa secara visual karena memaksimalkan kerja otak untuk meningat informasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis pengaruh dan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa serta respon siswa terhadap model pembelajaran SAVI berbantu mind maps. Metode penelitian deskriptif menggunakan design penelitian Pre-experimental Designs jenis One Group Pretest-Posttest. Penelitian dilakukan di kelas VIII dengan jumlah sampel 63 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes, lembar observasi dan angket. Hasil analisis pengaruh pembelajaran kelas VIII-D diperoleh T hitung (1,4821) < T tabel (1,8409) (H1 diterima) dan kelas VIII-G T hitung (1,2856) < T tabel (1,8409) (H1 diterima). Hasil respon siswa rata-rat 3,41 (sangat tinggi) di kelas VIII-D dan skor rata-rata 3,23 (tinggi) kelas VIII-G. Dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi α = 5% terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penerapan model pembelajaran SAVI berbantu mind maps terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; SAVI; Mind Maps; Berpikir Kreatif; HOTS; Ekskres; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Fentie Utamie |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 02:23 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 02:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27457 |
Actions (login required)
View Item |