Pengaruh piutang usaha pihak berelasi dan aset tetap terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi PT. Vale Indonesia Tbk periode 2009-2018

Triana, Nenih (2019) Pengaruh piutang usaha pihak berelasi dan aset tetap terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) studi PT. Vale Indonesia Tbk periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya meningkatkan perekonomian di Indonesia melalui kegiatan investasi. Investasi ini dilakukan di pasar modal dalam bentuk saham, terkhusus saham syariah karena Bursa efek merupakan tolak ukur maju dan mundurnya sebuah sistem perekonomian. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi keuangan karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh return bagi pemilik dana sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih. Sebelum memutuskan berinvestasi, calon investor akan menilai kinerja perusahaan melalui laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Piutang Usaha Pihak Berelasi secara parsial terhadap Total Aset; 2) Pengaruh Aset Tetap secara parsial terhadap Total Aset; 3) Pengaruh Piutang Usaha Pihak Berelasi dan Aset Tetap secara simultan terhadap Total Aset pada PT. Vale Indonesia Tbk periode 2009-2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari Laporan Publikasi periode 2009-2018 PT. Vale Indonesia Tbk di website http://www.vale.com/indonesia/BH/Pages/default.aspx. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, dan Analisis Asosiatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Secara parsial piutang usaha pihak berelasi berpengaruh terhadap total aset sebesar nilai koefisien determinasinya. Ini berarti bahwa piutang usaha pihak berelasi memberikan kontribusi sebesar sebesar 0,215 atau 21,5% terhadap total aset., 2)Secara parsial aset tetap berpengaruh terhadap total aset sebesar nilai koefisien determinasinya. Ini berarti bahwa aset tetap memberikan kontribusi sebesar sebesar 0,690 atau 69% terhadap total aset. 3) Secara simultan piutang usaha pihak berelasi dan aset tetap berpengaruh terhadap total aset sebesar nilai koefisien determinasinya. Ini berarti bahwa piutang usaha pihak berelasi dan aset tetap memberikan kontribusi sebesar sebesar 0,696 atau 69,6% terhadap total aset.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Piutang Usaha Pihak Berelasi; AsetTetap; Total Aset.
Subjects: Econmics
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nenih Triana
Date Deposited: 26 Dec 2019 07:17
Last Modified: 26 Dec 2019 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27458

Actions (login required)

View Item View Item