Kepedulian orang tua dalam mengembangkan perilaku keagamaan remaja dengan aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya : penelitian terhadap orang tua di RW 02 dan RW 04 Desa Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut

Suryanti, Ai Yanti (2016) Kepedulian orang tua dalam mengembangkan perilaku keagamaan remaja dengan aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya : penelitian terhadap orang tua di RW 02 dan RW 04 Desa Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di RW 02 dan RW 04, yakni orang tua yang kurang peduli terhadap perkembangan keagamaan remaja, banyak remaja yang suka nongkrong ketika jam pelajaran sedang berlangsung sambil merokok, bicara dengan kata-kata kasar, jahil, suka berkelahi. Dari penomena tersebut timbul permasalahan yang harus diteliti, yakni sejauhmana kepedulian orang tua dalam mengembangkan keagamaan remaja? Sejauhmana aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepedulian orang tua dalam mengembangkan perilaku keagamaan remaja, realitas aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya dan kadar hubungan antara kepedulian orang tua dalam mengembangkan perilaku keagamaan remaja dengan aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya. Penelitian ini bertolak dari asumsi, keberhasilan orang tua dalam mendidik akhlak anaknya, perlu memperhatikan bermacam-macam faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan keagamaan anak, terutama pada masa remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi kepedulian orang tua dalam mengembangkan perilaku keagamaan remaja, maka semakin tinggi pula aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif, yaitu metode penelitian untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi. Adapun analisisnya bersifat kuantitatif. Sementara itu untuk mengumpulkan datanya ditempuh dengan metode observasi, angket dan wawancara. Sampel yang diambil dalam penelitian ini 100% yakni jumlah keseluruhan 62 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Realitas kepedulian orang tua dalam mengembangkan perilaku keagamaan remaja termasuk kualifikasi kategori sedang. Hal itu berdasarkan angka rata-rata sebesar 3,47 yang berada pada interval 2,5 – 3,5. 2) Realitas aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya menunjukkan kualifikasi tinggi. Hal itu berdasarkan angka rata-rata 4,35 yang berada pada interval 3,5 – 4,5. 3) Hubungan antara kepedulian orang tua dalam mengembangkan perilaku keagamaan remaja dengan aktivitas mereka dalam mendidik akhlak anaknya adalah sebagai berikut: a) Koefisien korelasi antara kedua variabel tersebut termasuk kepada sedang. Hal itu dikarenakan skor sebesar 0,33 pada sekala korelasi antara 0,25 – 0,50 . b) Hipotesisnya diterima. Hal itu berdasarkan t hitung 1,67 lebih besar dari t tabel 1,27 atau t hitung > t tabel. c) besarnya pengaruh variabel x terhadap variabel y diketahui sebesar 33% dan masih terdapat 67% faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Remaja; Akhlak; Interval;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:59
Last Modified: 19 Nov 2019 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item