Analisi pengaruh Return On Investment, Return On Asset, dan Current Ratio terhadap Dividen Payout Ratio : Studi pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. periode tahun 2011-2018

Fitriyanti, Fulki (2019) Analisi pengaruh Return On Investment, Return On Asset, dan Current Ratio terhadap Dividen Payout Ratio : Studi pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk. periode tahun 2011-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRK)
2_ABSTRACT.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (993kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Investmen, Return On Assets, dan Current Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., baik secara parsial maupun secara simultan serta menganalisis seberapa besar pengaruhnya pada perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Populasi penelitian adalah perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Tahun 2011-2018 (Quartal 1-4). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Tahun 2011-2018 (Quartal 1-4). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 32 sampel, jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi dengan cara mengakses situs perusahaan www.indofood.com. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, dan menggunakan data analisis program SPSS 25. Hasil uji t secara parsial menunjukkan bahwa variabel Return On Investment dengan thitung 0.053 < ttabel 2.086 tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, variabel Return On Assets berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan thitung -3.449 > ttabel 2.086, dan variabel Current Ratio tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dengan thitung 0.340 < ttabel 2.086. Hasil uji F secara simultan menunjukkan bahwa variabel Return On Investmen, Return On Assets, dan Current Ratio secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 0.550, artinya kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 55%, sedangkan sisanya 45% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model persamaan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara parsial hanya satu variabel yang terdapat pengaruh positif terhadap Dividend Payout Ratio yaitu Return On Assets, sedangkan dua variabel tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio antara lain Return On Investment dan Current ratio. Secara simultan Return On Investmen, Return On Assets, dan Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Saran untuk perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Manajemen perusahaan sebaiknya memperhatikan tingkat investasi, aktiva lancar dengan memperhatikan Return On Investmen, Return On Assets, dan Current Ratio agar lebih efektif dan efisien sehingga bisa memaksimalkan tingakat Dividend Payout Ratio yang dicapai disaatnya. Kata Kunci : Return On Investment, Return On Assets, Current Ratio, dan Dividend Payout Ratio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Investment; Return On Assets; Current Ratio; dan Dividend Payout Ratio.
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: fulki fitriyanti
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:46
Last Modified: 21 Nov 2019 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27624

Actions (login required)

View Item View Item