Pengaruh kepatuhan wajib pajak terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung

Sri, Annisa Rachmah (2019) Pengaruh kepatuhan wajib pajak terhadap penerimaan pajak bumi dan bangunan di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan sumber penerimaan yang sangat potensial bagi daerah. Namun dalam realisasinya pemungutan pajak masih sulit dilakukan oleh pemerintah. Hal ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya kepatuhan wajib pajak. Patuh atau tidaknya wajib pajak secara akurat akan mempengaruhi perolehan dalam penerimaan PBB yang sesuai dengan target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepatuhan wajib pajak terhadap penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori kepatuhan wajib pajak dari Safri Nurmantu (2010) sebagai variabel X dan teori penerimaan pajak menggunakan teori Siti Kurnia (2013) sebagai variabel (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode asosiatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak berjumlah 494.807 orang dan menggunakan sampel random sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan metode angket dengan skala Likert, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan regresi berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 2.0. Uji Hipotesis yang digunakan adalah uji t, uji f, uji korelasi dan uji determinasi. Dari hasil uji parsial menunjukan bahwa kepatuhan wajib pajak dalam mendaftarkan diri (X1), kepatuhan untuk menyetorkan kembali surat pemberitahuan (X2), kepatuhan dalam penghitungan dan pembayaran pajak terutang (X3) dan kepatuhan dalam membayar tunggakan (X4), dimana nilai thitung masing-masing sebesar 10,955, 16,055, 11,844, 10,365 > ttabel 1,966 maka secara keseluruhan Ho ditolak dan Ha diterima. Serta mempunyai nilai signifikansi 0,000 < 0,05, 0,000 < 0,05, 0,000 < 0,05, 0,000 < 0,05. hasil pengujian secara simultan terdapat pengaruh signifikan kepatuhan wajib pajak dalam mendaftarkan diri, kepatuhan untuk menyetorkan kembali surat pemberitahuan (SPT), kepatuhan dalam penghitungan dan pembayaran pajak terutang dan kepatuhan dalam membayar tunggakan terhadap penerimaan pbb dengan nilai Fhitung sebesar 73,616 > Ftabel 2,69 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan; Wajib Pajak; Penerimaan dan Pajak Bumi dan Bangunan;
Subjects: Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Tax Accounting
Building for Educational and Research Purposes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Annisa Sri Rachmah
Date Deposited: 21 Nov 2019 08:14
Last Modified: 21 Nov 2019 08:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27634

Actions (login required)

View Item View Item