Analisis target penerimaan pajak reklame pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung Tahun 2011-2017

Firmansyah, Ratih Septy (2019) Analisis target penerimaan pajak reklame pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung Tahun 2011-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Pajak reklame menjadi salah satu target penerimaan pajak daerah di kota Bandung. Reklame merupakan media promosi yang banyak dipilih oleh para pengusaha untuk memperkenalkan produknya. Namun demikian, banyaknya jumlah reklame yang ada di kota Bandung berbanding terbalik dengan penerimaan pajak reklame yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana target penerimaan pajak reklame di kota Bandung, faktor pendukung dan penghambat pencapaian target penerimaan pajak reklame, dan upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Penulis menggunakan teori karakteristik yang dimiliki oleh target dari Ulber Silalahi (2011:162). Teori ini mengatakan bahwa dalam memahami karakteristik yang dimiliki oleh target atau sasaran yang efektif yaitu spesifik dan dapat dimengerti (specific and understandable), dapat diukur (measurable), kerangka waktu tertentu (given a time frame), singkat (concise), standar (standard), realistik (realistic), fleksibel (flexible), dan dapat diterima (acceptable). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Fungsional Umum Pajak Reklame BPPD kota Bandung, dan Kepala Seksi Perencanaan Pajak Daerah BPPD kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPPD kota Bandung dalam menetapkan target penerimaan pajak reklame tidak sesuai dengan potensi yang ada, target dibuat tinggi karena tidak didasarkan pada potensi objek pajak yang valid. Faktor penghambat penerimaan pajak reklame berada pada tata kelola reklame yang masih carut marut, maraknya reklame ilegal serta kurangnya kesadaran masyarakat. Upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat melalui media elektronik dan cetak. Selain itu, dilakukan secara tatap muka dengan wajib pajak reklame, penyempurnaan sistem pemungutan, serta memberikan pelayanan yang prima yang mudah dan cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Target Penerimaan; Pajak Reklame; Administrasi Perpajakan
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. Ratih Firmansyah
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:28
Last Modified: 21 Nov 2019 07:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27658

Actions (login required)

View Item View Item