Pengaruh Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah terhadap perilaku keberagamaan siswa Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Bandung

Fauziah, Ghesy (2018) Pengaruh Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah terhadap perilaku keberagamaan siswa Madrasah Aliyah Al-Falah Nagreg Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Banyak orang tua yang khawatir pada anak-anaknya akan terpengaruh ke dalam pergaulan yang sangat tidak baik yang dapat merusak masa depan anaknya kelak, dari sanalah banyak orang tua yang memilih untuk memasukkan anaknya ke pesantren, karena di pesantren akan lebih banyak mempelajari, memperdalam soal keagamaannya. Banyak kegiatan yang menjadi pembiasaan diri untuk anak ketika sudah masuk ke pesantren salah satunya seperti berdhikir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah terhadap Perilaku Keberagamaan. Dalam penelitian ini, juga bertujuan mengetahui bagaimana cara dan menghayati siswa ketika akan melaksanakan Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah di Madrasah Aliyah Al-Falah 2 Nagreg. Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah suatu cara mengingat, mengisi hati dan pikiran kita untuk selalu mengingat Allah dan sebuah jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Sedangankan Perilaku Keberagamaan suatu perbuatan seseorang, baik dalam tingkah laku maupun dalam berbicara yang didasarkan dalam peunjuk ajaran Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa kuesioner, observasi dan wawancara. Subjek penelitian diambil sebanyak 50 sampel dan diambil berdasarkan purposive random sampling. Teknik analisa data dilakukan dengan Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Hasil uji hipotesis didapat nilai R2 = 0,86 dan sig. = 0,039 (sig > 0,05) yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang searah dan signifikan antara Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah terhadap Perilaku Keberagamaan siswa Madrasah Aliyah Al-Falah 2 Nagreg. Adanya pengaruh yang searah dan signifikan antara Dhikir Tarekat Naqshabandiyyah Aliyah namun tidak begitu erat mengindikasikan adanya faktor lain yang menyebabkan. Berdasarkan hasil analisis temuan dilapangan, semakin rendah nilai Dhkir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah maka semakin rendah nilai Perilaku Keberagamaan begitupun sebaliknya semakin tinggi nilai Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah maka semakin tinggi nilai Perilaku Keberagamaan siswa Madrasah Aliyah Al-Falah 2 Nagreg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dhikir Tarekat Naqsyabandiyyah Aliyah;Perilaku Keberagamaan.
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: ghesy fauziah fauziah
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:12
Last Modified: 25 Nov 2019 07:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27660

Actions (login required)

View Item View Item