Discovery Learning berbasis media barang bekas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar matematika siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen Materi Statistika di Kelas VIII SMP

Putri, Fanny (2019) Discovery Learning berbasis media barang bekas untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan minat belajar matematika siswa: Penelitian Kuasi Eksperimen Materi Statistika di Kelas VIII SMP. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengeksplorasi mengenai perbedaan peningkatan pemahaman dan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika pada bab statistika materi rata-rata, nilai tengah dan modus dengan menggunakan media barang bekas. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen yang berjenis the nonequivalent pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Juara Bandung dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan lembar skala sikap. Berdasarkan ujicoba yang dilakukan dapat disimpulkan: (1) rata-rata pemahaman matematis siswa sebelum memperoleh pembelajaran menggunakan media barang bekas sebesar 8,48; (2) terdapat perbedaan rata-rata pemahaman matematis siswa setelah memperoleh pembelajaran menggunakan media barang bekas menjadi sebesar 39,56; (3) berdasarkan nilai rata-rata n-gain tes pemahaman matematis, diperoleh bahwa pemahaman matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan media barang bekas mengalami peningkatan sebesar 0,45 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Barang Bekas; Minat; Pemahaman;
Subjects: Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fanny Putri
Date Deposited: 25 Nov 2019 04:33
Last Modified: 25 Nov 2019 04:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27714

Actions (login required)

View Item View Item