Perubahan sosial pencari suaka (pengungsi) dan dampak kedatangannya di masyarakat: Studi pencari suaka di kampung Batukasur, desa Batulayang, kecamatan Cisarua, kabupaten Bogor.

Renaldie, Tommy (2019) Perubahan sosial pencari suaka (pengungsi) dan dampak kedatangannya di masyarakat: Studi pencari suaka di kampung Batukasur, desa Batulayang, kecamatan Cisarua, kabupaten Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Peperangan, konflik, dan perbedaan ideologi menghasilkan kekacauan yang merugikan untuk sejarah kemanusiaan dan tak terkecuali konflik bersenjata yang terjadi di negara-negara Asia Barat seperti Pakistan dan Afganistan. Konflik-konflik yang disertai persekusi, kekerasan, dan kontak senjata telah mengancam keselamatan jiwa. Konflik yang terjadi memaksa orang-orang mencari suaka yang diharapkan dapat memberikan mereka kehidupan yang lebih aman. Gelombang besar manusia mencari suaka ke berbagai tempat dan salah satunya tiba di Indonesia. Setelah tiba di Indonesia mereka menghadapi lingkungan sosial yang benar-benar berbeda dari lingkungan asal mereka, hal tersebut menghadapkan mereka pada perubahan sosial. Bukan hanya dari sisi pencari suaka, peneliti pun mencari dampak akibat kedatangan pencari suaka di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi yang dialami oleh pencari suaka yang datang ke Indonesia dan ke kampung Batukasur khususnya mengalami perubahan sosial akibat dari perbedaan-perbedaan kondisi sosial yang dibuktikan melalui adaptasi-adaptasi yang dilakukan serta mengenai dampak yang ditimbulkan dari proses interaksi antara masyarakat lokal dengan pencari suaka sebagai pendatang. Ekonomi, sosial, dan budaya menjadi ciri adanya dampak yang terjadi. Peneliti menggunakan pemikiran Tallcot Parsons berupa teori AGIL, teori perubahan sosial, dan teori migrasi sebagai pisau bedah dan lensa untuk membedah dan melihat hal ini. Teori-teori diatas dirasa cukup oleh peneliti untuk mendedahkan dan menjabarkan permasalahan ini dengan sajian yang cukup komprehensif. Pendekatan kualitatif dipilih oleh peneliti untuk menelaah perubahan sosial pencari suaka dan dampak kedatangannya di masyarakat, dengan metode ini peneliti akan berusaha menjelaskan, menginterpretasikan, dan mendeskripsikan perubahan sosial yang dialami oleh pencari suaka dan dampak akibat kedatangan mereka di tengah-tengan masyarakat. Untuk mendapatkan data-data di lapangan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan di kampung Batukasur pada pencari suaka, lingkungan sosial yang berbeda dengan lingkungan asal, telah memberikan perubahan sosial terhadap pencari suaka sehingga mereka mesti melakukan penyesuaian agar bisa beradaptasi. Dampak yang terjadi pada masyarakat lokal memberikan efek positif dan negatif, pada sisi positif pencari suaka telah memberikan keuntungan ekonomi kepada masyarakat, pada sisi negatif terjadi masalah pada aspek sosial budaya dikarenakan perbedaan kebiasaan dan juga masalah kebersihan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perubahan sosial; pencari suaka; pengungsi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Tommy Renaldie
Date Deposited: 26 Nov 2019 06:41
Last Modified: 26 Nov 2019 06:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27790

Actions (login required)

View Item View Item