Fitriyanti, Fitriyanti (2019) Analisis pembelajaran matematika di Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah: Ditinjau dari integrasi matematika dan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Sjati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (456kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya untuk mengintegrasikan matematika dan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika di tengah- tengah paham sekulerisme, hal ini didukung oleh hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah tingkat SMP. Salah satu upaya untuk mengetahui bagaimana bentuk pembelajaran matematika ditinjau dari integrasi matematika dan Islam maka dapat dilakukan dengan menganalisis pembelajaran matematika di Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah di tingkat SMP. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui: (a) apa yang melatarbelakangi Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah menerapkan pengembangan kurikulum Berbasis Islam, (b) Bagaimana proses pembelajaran matematika ditinjau dari integrasi matematika, (c) Bagaimana keterlaksanaan kurikulum Berbasis Aqidah Islam dalam Pembelajaran Matematika, dan (d) Hambatan dari pelaksanaan pembelajaran matematika ditinjau dari integrasi matematika dan Islam. Data yang digunakan adalah berupa deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (a) Latar belakang penerapan pengembangan kurikulum Berbasis Aqidah Islam adalah adanya harapan dari orang tua dan sekolah untuk membentuk syakhsiyah islamiyyah pada siswa, (b) Proses pembelajaran matematika berbasis Islam tidak mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan matematika, (c) Kurikulum BAI dalam pembelajaran matematika hanya memperkenalkan matematikawan muslim, (d) Hambatan yang dialami adalah kurangnya sarana prasarana dan adanya pemahaman yang berbeda terhadap kurikulum BAI
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran matematika; Integrasi; Islam |
Subjects: | Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fitriyanti Fitriyanti |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 07:39 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27792 |
Actions (login required)
View Item |