Analisis pembelajaran matematika di Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah: Ditinjau dari integrasi matematika dan Islam

Fitriyanti, Fitriyanti (2019) Analisis pembelajaran matematika di Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah: Ditinjau dari integrasi matematika dan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Sjati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (456kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya untuk mengintegrasikan matematika dan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran matematika di tengah- tengah paham sekulerisme, hal ini didukung oleh hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah tingkat SMP. Salah satu upaya untuk mengetahui bagaimana bentuk pembelajaran matematika ditinjau dari integrasi matematika dan Islam maka dapat dilakukan dengan menganalisis pembelajaran matematika di Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah di tingkat SMP. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui: (a) apa yang melatarbelakangi Yayasan Izzul Islam Khoiru Ummah menerapkan pengembangan kurikulum Berbasis Islam, (b) Bagaimana proses pembelajaran matematika ditinjau dari integrasi matematika, (c) Bagaimana keterlaksanaan kurikulum Berbasis Aqidah Islam dalam Pembelajaran Matematika, dan (d) Hambatan dari pelaksanaan pembelajaran matematika ditinjau dari integrasi matematika dan Islam. Data yang digunakan adalah berupa deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (a) Latar belakang penerapan pengembangan kurikulum Berbasis Aqidah Islam adalah adanya harapan dari orang tua dan sekolah untuk membentuk syakhsiyah islamiyyah pada siswa, (b) Proses pembelajaran matematika berbasis Islam tidak mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan matematika, (c) Kurikulum BAI dalam pembelajaran matematika hanya memperkenalkan matematikawan muslim, (d) Hambatan yang dialami adalah kurangnya sarana prasarana dan adanya pemahaman yang berbeda terhadap kurikulum BAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika; Integrasi; Islam
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitriyanti Fitriyanti
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:39
Last Modified: 25 Nov 2019 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27792

Actions (login required)

View Item View Item