Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) dan financing to deposit ratio (FDR) terhadap return on assets (ROA) di Bank Syariah Mandiri Tasikmalaya periode 2011 – 2015

Mawarid, Muhammad Hilman (2017) Pengaruh capital adequacy ratio (CAR) dan financing to deposit ratio (FDR) terhadap return on assets (ROA) di Bank Syariah Mandiri Tasikmalaya periode 2011 – 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

CAR atau Rasio Kecukupan modal adalah untuk mengukur sejauh mana modal yang dimiliki oleh perusahaan apakah sesuai dengan ketentuan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum yang berlaku, dalam hal ini 8%. Penempatan dana yang berhasil dihimpun bank syariah dari masyarakat dalam bentuk pembiayaan menimbulkan conflict of interest (perbedaan kepentingan) antara likuiditas dengan profitabilitas. Pada waktu bank menyalurkan pembiayaan bank juga harus tetap menjaga kemampuan likuiditasnya agar senantiasa dapat memenuhi penarikan yang dilakukan oleh nasabah penyandang dana. Menurut Horne “prinsip dasar keuangan ada dua yaitu: kemampuan memperoleh laba berbanding terbalik dengan likuiditas, serta kemampuan memperoleh laba bergerak searah dengan risiko”. Penelitin ini diawali dengan adanya fenomena ketika CAR dan FDR mengalami peningkatan tidak diikuti dengan penurunan tingkat ROA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui. Bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR)terhadap Return On Asset (ROA), Bagaimana pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA), dan Seberapa besar pengaruh Capital Adequacy Ratio(CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Retun On Asset (ROA). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dan telah dijelaskan pula pada bab-bab sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return on Asset (ROA) pada Bank Syariah Mandiri. Karena t hitung (0,267) < t tabel (2,101). Terdapat pengaruh yang signifikan antara Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Asset (ROA) pada Bank Syariah Mandiri. Karena t hitung (4,168) > t tabel (2,101), Terdapat pengaruh yang signifikan antara Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Return on Asset (ROA) terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR). Karena F hitung (8,275)> F tabel(3,59). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Asset (ROA) terhadap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Return on Asset (ROA);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Nov 2019 02:19
Last Modified: 26 Nov 2019 02:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27827

Actions (login required)

View Item View Item