Kredibilitas media online Detik.com dalam pandangan mahasiswa: Penelitian kualitatif pada mahasiswa jurnalistik angkatan 2016 UIN SGD Bandung

hoerunnisa, loisari (2019) Kredibilitas media online Detik.com dalam pandangan mahasiswa: Penelitian kualitatif pada mahasiswa jurnalistik angkatan 2016 UIN SGD Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai kredibilitas Media Online Detik.com dalam pandangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik Angkatan 2016 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Secara bahasa, kredibilitas (credibility) artinya dipercaya. Fenomena yang terjadi saat ini adalah maraknya berita hoax atau berita bohong. Adanya berita hoax tersebut telah mempengaruhi pandangan khalayak dan keterpercayaan khalayak terhadap informasi dan berita di media online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahhhui bagaimana mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik memandang kredibilitas Media Online Detik.com, yang meliputi tiga dimensi yakni kepercayaan, kekinian, dan tidak bias. Penelitian ini menggunkan teori atau konsep kredibilitas media online sebagai landasan penelitian, kredibilitas media (media credibility) merupakan tingkat kepercayaan pemberitaan media. Semakinkredibel suatu media maka tingkat kepercayaan publik semakin tinggi terhadap media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi ke lapangan. Metodologi dengan pendekatan kualitatif digunakan agar memiliki gambaran yang lengkap dan mendalam mengenai permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kredibilitas di Media Online Detik.com dalam pandangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah positif. Secara garis besar Media Online Detik.com merupakan media yang sudah kredibel. Namun perlu ada beberapa hal yang ditinjau kembali dalam sistem penyajian berita yang disajikan secara berangsur dalam judul yang berbeda tetapi masih dalam satu issu, namun hal itu tidak mempengaruhi pendapat mahasiswa mengenai kepercayaan terhadap pemberitaan di Media Online Detik.com.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media online;kredibilitas
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: loisari hoerunnisa
Date Deposited: 26 Nov 2019 08:01
Last Modified: 26 Nov 2019 08:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27853

Actions (login required)

View Item View Item