Nugraha, A Maulidan (2019) Peran radio dalam penyebaran informasi Otomotif di Kota Bandung: Analisis deskriptif terhadap Auto Radio Bandung 88.9 FM. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstark.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
3_DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (802kB) | Preview |
|
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
||
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) | Request a copy |
||
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
||
Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
Abstract
Auto radio merupakan salah satu radio swasta di kota Bandung yang rutin setiap harinya menyebarkan berita otomotif bagi para pendengarnya. Hal ini yang membuat peneliti tertarik dengan adanya auto radio, karena informasi otomotif sangat mudah didapatkan sekarang ini, bisa melalui media online atau bahkan media sosial sekalipun seperti youtube dan instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pengemasan dan penyajian berita otomotif di auto radio, untuk mengetahui peran auto radio dalam membentuk sikap komunitas rental mobil Indonesia, untuk mengetahui peran auto radio dalam membentuk perilaku komunitas rental mobil Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori peran dan teori difusi inovasi (Difussion of Innovations Models). Penggunaan teori ini berdasarkan fokus penelitian yang akan digali oleh peneliti. Teori peran berfungsi untuk menggali tentang upaya auto radio dalam pengemasan dan penyajian berita otomotif dan teroi difusi inovasi berfungsi untuk melihat dari sisi pendengar auto radio, untuk mengetahui bagaimana peran auto radio dalam membentuk sikap dan perilaku para pendenganya yang diwakilkan oleh komunitas rental mobil Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data digunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mencari berita, ada beberapa cara yang dilakukan oleh auto radio yaitu mengutip dari sumber lain yang tentunya sumber tersebut sudah dapat dipertanggung jawabkan keabsahan datanya dan tidak lupa pula menginformasikan kepada pendengar dari mana berita ini dikutip. Lalu yang kedua melalui live report atau live delay, jika menggunakan cara ini, auto radio mencari, mengemas, dan menyiarkan beritanya sendiri. Live report atau live delay biasanya digunakan ketika berita tersebut adalah berita straigh news, sedangkan jika berita tersebut hanya berita ringan seperti tips tips merawat kendaraan, biasanya auto radio mengutip dari sumber lain. Secara umum, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa auto radio dalam penyebaran informasi otomotif di kota Bandung sangat berperan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran; auto radio; informasi; otomotif |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | ahmad maulidan nugraha |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 02:54 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 02:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27857 |
Actions (login required)
View Item |