Metode bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku siswa membolos: Penelitian di SMA Darul Hikmah no.44 Kec. Bojongsoang Kab. Bandung

Indriani, Deri Septi (2019) Metode bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku siswa membolos: Penelitian di SMA Darul Hikmah no.44 Kec. Bojongsoang Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku membolos merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja yang mencerminkan pelanggaran siswa dalam aturan tata tertib sekolah yang akan merugikan sendiri dan orang lain seperti tertinggalnya materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk, faktor-faktor yang mendorong melatarbelakangi siswa membolos serta untuk mengetahui metode bimbingan dan konseling yang digunakan oleh guru BK berdasarkan faktor-faktor yang ditemui. Sebagaimana dipahami dampak perilaku membolos adalah mengalami kegagalan dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltitian ini adalah kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jurusan IPA dan IPS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara untuk memperoleh informasi tentang bentuk, faktor, serta metode bimbingan dan konseling, observasi untuk memperoleh informasi lain yang mendukung data yang diperoleh dan dokumentasi untuk memperoleh data meliputi gambaran sekolah dan perkembangan siswa. Penyebab perilaku membolos yaitu permasalahan yang berasal dari faktor diri sendiri, keluarga, sekolah, dan lingkungan dengan perilaku membolos yaitu nongkrong, berkumpul di warung bersama teman di sekolah yang suka membolos, serta berlama-lama didepan pintu kamar mandi untuk yang membolos di mata pelajaran tertentu dan mengobrol jika bertemu dengan temannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode BK; perilaku membolos;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Deri Septi Indriani
Date Deposited: 27 Nov 2019 06:23
Last Modified: 27 Nov 2019 06:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/27863

Actions (login required)

View Item View Item