Pembiasaan shalat Dhuha berjamaah dalam bimbingan keagamaan untuk membentuk Akhlakul Karimah: Penelitian di SMP Siti Aisyah Kadungora Garut

Fadhilah, Zakiah Nurul (2019) Pembiasaan shalat Dhuha berjamaah dalam bimbingan keagamaan untuk membentuk Akhlakul Karimah: Penelitian di SMP Siti Aisyah Kadungora Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Dalam Bimbingan Keagamaan Untuk Membentuk Akhlakul Karimah. Berdasarkan hasil observasi lapangan terlihat fenomena yang terjadi dalam pergaulan sehari-hari di sekolah seperti siswa sering terdengar mengeluarkan kata-kata kotor kepada teman sepermainan, tidak mengikuti kegiatan atau peraturan yang berlaku di sekolah, masih kurang nya kedisiplinan, lemahnya semangat dalam belajar dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah serta untuk mengetaui hasil yang telah dicapai dari bimbingan keagamaan pembiasaan shalat dhuha dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik Penelitian ini pun didasarkan pada kerangka bahwa bimbingan keagamaan dapat membantu individu untuk menyelesaikan persoalan-persoalan keagamaan sehingga timbul dalam diri individu kesadaran dan penyerahan diri terhadap Allah SWT dengan demikian perlu adanya pembimbing keagamaan untuk mengatasi masalah masalah tersebut khususnya dalam pembentukan akhlak. Cara yang dapat ditempuh untuk pembinaan akhlak adalah dengan pembiasaan yang dilakukan sejak kecil dan berlangung secara berkelanjutan. Berkenaan dengan ini Imam al-Ghazali mengatakan bahwa kepribadian manusia itu pada dasarnya dapat menerima segala usaha pembentukan melalui pembiasaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data lebih difokuskan pada analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah oleh pembimbing kepada terbimbing mempunyai hasil yang signifikan. Proses pelaksanaannya berjalan dengan lancar meskipun ada sebagian siswa yang ramai dalam pelaksanaannya. Hasil dari bimbingan keagamaan ini ditandai dengan perubahan perilaku positif. Hal itu terlihat: pertama, siswa sudah terbiasa memanfaatkan waktu di pagi hari dengan produktif. Kedua, tingkah lakunya mengarah pada hal yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam. Yakni ditandai dengan meningkatnya tingkat pemahaman siswa terhadap ajaran Islam juga perubahan akhlak yang diihat dari 3 aspek indikator akhlak yaitu akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap Allah dan akhlak terhadap sesama manusia. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa, bimbingan keagamaan di SMP Siti Aisyah Garut mencerminkan nilai-nilaki akhlak yang baik serta pandangan hidup mereka lebih cederung bersifat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Pembiasaan; Akhlakul karimah.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zakiah Nurul Fadhilah
Date Deposited: 27 Nov 2019 07:58
Last Modified: 27 Nov 2019 07:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/27884

Actions (login required)

View Item View Item