Pengaruh kompetensi profesional tutor dan proses pembelajaran terhadap mutu lulusan kejar paket C: Penelitian pada pusat kegiatan belajar masyarakat di lingkungan unit pelaksana teknis pengembangan kegiatan pendidikan non formal dan Informal 1 Kota Bandung

Nurmalasari, Inten (2019) Pengaruh kompetensi profesional tutor dan proses pembelajaran terhadap mutu lulusan kejar paket C: Penelitian pada pusat kegiatan belajar masyarakat di lingkungan unit pelaksana teknis pengembangan kegiatan pendidikan non formal dan Informal 1 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

Angka rata-rata lama sekolah Kota Bandung mencapai 10 tahun sementara program pemerintah Kota Bandung mencanangkan program wajib belajar 12 tahun. Untuk melaksanakan program pemerintah Kota Bandung tentang pendidikan wajib warga Kota Bandung mencapai target rata-rata sekolah warga Bandung selama 12 tahun atau hingga tingkat SMA, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menyemangati masyarakat Bandung untuk mendapatkan layanan pendidikan nonformal. Pendidikan nonformal yang menjadi kemitraan Disdik Kota Bandung yaitu Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Berdasarkan data nilai Ujian Nasional warga belajar Paket C masih rendah, hampir semua mata pelajaran dibawah nilai 50. Berarti ini menunjukkan bahwa capaian prestasi warga belajar masih belum maksimal. Berdasarkan grafik angka lulus warga belajar yang belanjutkan pendidika ke Perguruan Tinggi masih berada dibawah 50% dari jumlah keseluruhan warga belajar ini menunjukkan mutu lulusan kejar paket C masih rendah dalam sisi bidang akademis. Sementara warga belajar yang bekerja cukup tinggi berada diatas 50% dan terakhir masih ada lulusan Paket C yang tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi dan tidak juga bekerja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan prndekatan kuantitatif. Sasaran penelitian ini yaitu PKBM yang terdaftar di lingkungan UPT 1 dan 2, teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket ke sleuruh tutor yang mengajar di PKBM. Analisis data mengguanakan analisis korelasi, analisis regresi sederhana dan analisi regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara kompetensi profesional tutor dengan mutu lulusan Paket C yaitu sebesar 27,1%, selanjutnya terdapat pengaruh yang positif secara parsial antara proses pembelajaran dengan mutu lulusan Paket C yaitu sesbesar 44%, dan Kompetensi profesional tutor dan proses pembelajaran berpengaruh positif secara simultan terhadap mutu lulusan Paket C yaitu sebesar 44,4%. Nilai signifikansi kompetensi profesional tutor = 0,490 > 0,05 (H0 diterima). Artinya “Kompetensi profesional Tutor tidak cukup signifikan mempengaruhi Mutu Lulusan Pendidikan Kesetaraan Paket C”, dan proses pembelajaran = 0,000 < 0,05 (H0 ditolak, Ha diterima). Artinya “Proses Pembelajaran cukup signifikan mempengaruhi Mutu Lulusan Pendidikan Kesetaraan paket C”.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Tutor; Proses Pembelajaran; Mutu Lulusan
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Inten Nurmalasari
Date Deposited: 05 Dec 2019 03:37
Last Modified: 26 Jan 2022 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28077

Actions (login required)

View Item View Item