Maulida, Qotrun Nada (2019) Manajemen Pengembangan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (BAB1)
4_BAB I.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Dasar Islam Al-Amanah berlokasi di Jl. Raya Cinunuk No. 186 Cileunyi Bandung tepatnya di belakang Rumah Makan Ponyo. Kondisi ini walaupun berada di pinggir jalan raya namun tidak mengganggu kegiatan yang ada di sekolah. Permasalahan yang di hadapi oleh SD Islam Al-Amanah adalah ditemukan fakta bahwa tenaga pendidik dalam menjalankan tugasnya perlu dikembangkan lagi dalam kompetensinya sebagai guru. Masalah lain yang berkaitan dengan guru yaitu banyaknya jam ngajar yang dibebankan kepada guru dalam penyelenggaraan pendidikan, kurangnya keikutsertaan guru untuk mengikuti seminar pendidikan, terdapat beberapa guru yang belum melanjutkan program studi Strata 2, kurang efektifnya kinerja tenaga pendidik karena terlalu banyak jam ngajar yang di bebankan kepada guru. Selain masalah yang terdapat disekolah dan masih terdapat guru yang tidak sesuai dengan kualifikasi akademik yang sesuai dengan persyaratan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu lulusan di SD Islam Al-Amanah Cinunuk. Penelitian ini memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi guru dalam meningkatkan mutu lulusan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh oleh peneliti di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan. Setelah menarik kesimpulan hasil data tersebut di uji keabsahan datanya. Hasil yang didapatkan dari pengamatan dan penelitian Manajemen Pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di SD Islam Al-Amanah adalah unsur peningkatan kualitas peserta didik baik yang masih belajar disekolah maupun yang sudah menjadi lulusan sekolah tersebut. Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru kepala sekolah selalu memperhatikan, mengupayakan, memberikan dorongan motivasi serta arahan tentang pentingnya mengembangkan kompetensi yang dimiliki sebagai guru. Ketentuan ini pun sudah tertera dalam Undang-undang tentang pentingnya pengembangan kompetensi guru, seperti halnya pengembangan pada kualifikasi guru, sertifikasi, pelatihan, supervisi pendidikan, MGMP, IHT, workshop, pembinaan guru internal baik dari pembinaan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan social, selain itu pula pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan karir pendidik. Kesimpulan dari penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa program, tetapi belum semua program diikuti oleh guru secara baik. Masih ada beberapa guru yang bukan dari jurusan pendidikan dan kurang memanfaatkan kegiatan yang diberikan oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pengembangan, Kompetensi, pendidik, mutu, lulusan |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Qotrun Nada Maulida |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 06:32 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 06:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28105 |
Actions (login required)
View Item |