Pengaruh kegiatan shalat tahajud berjamaah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di sekolah berbasis Islamic Boarding School: Penelitian di kelas VII SMP terpadu Al-Fatih Cikalongwetan

nurjanah, sulastri (2018) Pengaruh kegiatan shalat tahajud berjamaah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di sekolah berbasis Islamic Boarding School: Penelitian di kelas VII SMP terpadu Al-Fatih Cikalongwetan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diketahui motivasi belajar siswa masih rendah, terlihat ketika saat proses belajar pembelajaran peserta didik kurang aktif dan kurang bersemangat. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah faktor eksternal yaitu lingkungan sekolah, salah satunya adalah kegiatan yang padat, termasuk kegiatan sholat tahajud yang mengharuskan peserta didik bangun lebih awal. Fungsi dari dilaksanakannya shalat tahajud berjamaah ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, namun dalam fenomena tersebut motivasi belajar siswa masih terlihat rendah. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui kegiatan shalat tahajud berjamaah yang dilaksanakan oleh siswa kelas VII SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam proses belajar pembelajaran pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan dan 3) Untuk mengetahui pengaruh kegiatan shalat tahajud berjamaah dengan motivasi belajar siswa dalam proses belajar pembelajaran pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor eksternal. Dari asumsi tersebut secara teoritis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat pengaruh antara kegiatan shalat tahajud berjamaah dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif melalui pendekatan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Analisis datanya dilakukan dengan dua pendekatan yaitu dengan analisis parsial dan korelasioner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Terpadu Al-Fatih Cikalongwetan dengan sampel 38 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh realitas kegiatan shalat tahajud berjamaah dengan uji tendensi sentral diperoleh mean = 41,9. Sedangkan relitas motivasi belajar dengan uji tendensi sentral diperoleh mean = 48,2. Adapun realitas hubungan kedua variabel tersebut berkategori tinggi, dengan harga koefisien korelasi sebesar 0,63 karena berada pada interval 0,60-0,80. Dari keofisien korelasi realitas kegiatan shalat tahajud berjamaah terhadap motivasi belajar sebesar 22%, maka diduga masih ada 78% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Shalat Tahajud Berjamaah; Motivasi Belajar Siswa; Mata Pelajaran PAI; Sekolah Berbasis Islamic Boarding School
Subjects: Islam > Salat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: sulastri nurjanah
Date Deposited: 09 Dec 2019 06:26
Last Modified: 09 Dec 2019 06:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28136

Actions (login required)

View Item View Item