Kristi, Sintia (2019) Rancang bangun Game Finding Cockroach dengan Algoritma Greedy Best First Search untuk optimasi dalam menemukan posisi objek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Game merupakan satu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penghilang dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita. Pada saat ini, game banyak dimanfaatkan sebagai sarana keterampilan dalam berifikir. Game Finding Cockroach adalah sebuah game ber-genre arcade, game ini selain untuk sarana hiburan, juga dapat melatih daya ingat pemainnya. Objek penelitian pada game ini, yaitu terletak pada pengimplementasi algoritma Greedy Best First Search untuk optimasi dalam pencarian dan identifikasi suatu objek tersentu. Dan algoritma Greedy Best First Search pun merupakan algoritma yang umumnya digunakan dalam persoalan optimasi. Greedy memiliki prinsip “take what you can get now!” yang artinya mengambil setiap kesempatan pada saat itu juga tanpa memperhatikan konsekuensi yang ada didepan. Pada permainan ini user hanya perlu mengklik posisi objek kecoa yang sebelumnya diperlihatkan, kemampuan mengingat sangat diperlukan dalam game ini. Jika pemain salah meng-klik atau memilih posisi kecoa tersebut maka dinyatakan game over, pada game ini menggunakan sistem perolehan point sebanyak-banyak atau point highscore. Algoritma Greedy Best Best First ini dapat memberikan solusi dengan hanya membuka beberapa tile saja. Hasil dari pengujian white box, menghasilkan nilai cyclomatic complexity dari flow graph dan graph matrix yang senilai yaitu pada penelitian ini sebesar 2, yang berarti jika kedua tools senilai maka algoritma berjalan dengan baik. Sedangkan, hasil dari pengujian usability oleh penilaian langsung dari 15 responden/user sebesar 90,4% atau dapat dikategorikan user setuju bahwasanya game tersebut sesuai dengan yang diharapkan dan layak untukdi publish.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game; greedy; optimasi |
Subjects: | Numerical Analysis > Algorithms Technology, Applied Sciences |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Sintia Kristi |
Date Deposited: | 10 Dec 2019 01:58 |
Last Modified: | 10 Dec 2019 01:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28140 |
Actions (login required)
View Item |