Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Lippo Karawaci Tbk Periode Tahun 2006 – 2015

Hadiana, Raka Muhamad Ichsan (2019) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Lippo Karawaci Tbk Periode Tahun 2006 – 2015. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Analisis rasio keuangan merupakan aktivitas untuk menganalisis laporan keuangan dengan cara membandingkan satu akun dengan akun lainnya yang ada dalam laporan keuangan, perbandingan tersebut bisa antar akun dalam laporan keuangan neraca maupun rugi laba. Return On Equity Ratio (ROE) adalah rasio yang biasa digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih dalam satu periode berdasarkan modal tertentu, rasio ini merupakan ukuran profitabilitas dilihat dari sudut pandang hak pemegang saham. Return On Equity (ROE) secara eksplisit memperhitungkan kemampuan perusahaan menghasilkan laba bagi pemegang saham, setelah memperhitungkan biaya hutang dan dividen saham preferen. Secara teoritis apabila Debt to Equity (DER) meningkat maka Return On Equity (ROE) akan menurun sedangkan apabila Net Profit Margin (NPM) meningkat maka Return On Equity (ROE) akan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh secara parsial DER terhadap ROE PT. Lippo Karawaci Tbk Periode Tahun 2006 - 2015; (2) mengetahui besarnya pengaruh secara parsial NPM terhadap ROE pada PT. Lippo Karawaci Tbk Periode Tahun 2006 - 2015; (3) mengetahui besarnya pengaruh secara simultan DER dan NPM terhadap ROE PT. Lippo Karawaci Tbk Periode Tahun 2006 – 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data menggunakan data sekunder dari laporan keuangan PT. Lippo Karawaci Tbk Periode Tahun 2006 - 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan, browsing, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diantaranya analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Alat pengolah data menggunakan Software IBM Statistics SPSS for Windows versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) DER secara parsial terbukti berpengaruh tidak signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung < ttabel yaitu -0,037 < 2,306, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 0,017% dan sisanya 99,83% dipengaruhi faktor lain; (2) NPM secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung > ttabel yaitu 9,3 > 2,306, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 91,6% dan sisanya 8,4% dipengaruhi faktor lain; (3) DER dan NPM secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 49,999 > 4,74, untuk nilai koefisien determinasi sebesar 93,5% dan sisanya 6,5% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity (DER);Net Profit Margin (NPM);Return On Equity (ROE)
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Raka Muhamad Ichsan Hadiana
Date Deposited: 10 Dec 2019 02:49
Last Modified: 10 Dec 2019 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28143

Actions (login required)

View Item View Item